Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Jalur Mandiri PTN, Siswa Gagal SNBP 2024 Bisa Coba

Kompas.com - 27/03/2024, 11:59 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Penjelasan apa itu jalur mandiri perguruan tinggi negeri (PTN) perlu diketahui calon mahasiswa yang mau kuliah tahun ini.

Siswa yang gagal SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) bisa mencoba mendaftar ke PTN incarannya lewat jalur UTBK SNBT 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) maupun jalur mandiri 2024.

Jalur mandiri adalah salah satu seleksi masuk penerimaan mahasiswa baru yang diadakan perguruan tinggi negeri.

Biasanya jalur mandiri PTN memiliki sebutan yang berbeda-beda, kebijakan, dan prosedur tersendiri dalam melaksanakan ujian ini, termasuk materi dan mekanisme ujiannya.

Baca juga: 3 Prodi Baru di Fakultas Kedokteran Unesa, Rencana Buka di Jalur Mandiri 2024

Penjelasan jalur mandiri PTN 

Misalnya jalur mandiri di Universitas Padjadjaran (Unpad) disebut Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran atau SMUP. Atau jalur mandiri Universitas Indonesia (UI) yang disebut dengan Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI.

SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI.

Cara seleksi yang digunakan tiap tiap PTN pun berbeda. Ada yang menggunakan nilai rapor, nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), prestasi dari para calon mahasiswa hingga mengadakan ujian secara mandiri.

Ada beberapa PTN yang menggunakan ujian untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur mandiri.

Baca juga: Gagal SNBP 2024, Daftar Jalur Mandiri di 7 PTN Ini Pakai Nilai Rapor

Siswa gap year bisa daftar jalur mandiri PTN

Contohnya UM UGM -Computer Based Test (Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada CBT). UM UGM CBT ini merupakan jalur seleksi yang menggunakan kombinasi nilai/skor UM UGM CBT yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK.

Berbeda dengan jalur SNBP 2024, jalur mandiri biasanya juga memberi kesempatan bagi siswa lulusan tahun sebelumnya atau gap year untuk mendaftar.

Sehingga siswa gap year yang misalnya belum beruntung lolos di UTBK SNBT 2024 masih bisa mendaftar lewat jalur mandiri yang dibuka PTN incarannya.

Sehingga bisa jalur mandiri PTN ini juga menjadi bagian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang bisa dimanfaatkan calon mahasiswa.

Jalur mandiri bisa dijadikan jalur alternatif agar para calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri.

Terkait jadwal pendaftaran jalur mandiri, biasanya diadakan setelah jalur UTBK SNBT 2024 selesai dilaksanakan.

Baca juga: Unnes Buka 9 Jalur Mandiri 2024 untuk Kuliah D3, S1-S3

Kamu bisa memantau jadwal pendaftaran jalur mandiri di perguruan tinggi negeri incaranmu. Demikian penjelasan apa itu jalur mandiri PTN yang bisa dicoba calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com