Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Hukum Trisakti Raih Emas di Dua Kompetisi Nasional Bidang Sosial Humaniora

Kompas.com - 27/03/2024, 11:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Alviyar Berlian, mahasiswa Program Studi Hukum Universitas Trisakti, berhasil meraih prestasi dengan menjuarai dua olimpiade bidang sosial humaniora dalam kurun waktu berdekatan.

Pada ajang National Olympiad of Outstanding Student (NOOS) 2024 Bidang Sosiologi, Alviyar berhasil meraih medali emas dengan predikat A+. Ia mengalahkan 55 peserta lain dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Sebelumnya, Alviyar juga telah meraih medali emas di Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSAN) 2024 Bidang Sejarah dengan predikat A+. Dalam olimpiade ini, ia bersaing dengan 296 peserta dari PTN-PTS se-Indonesia.

Alviyar mengaku sudah tertarik dengan sejarah sejak duduk di bangku SMP. Kemudian, saat SMA, ia mulai tertarik dengan sosiologi. Ia pun mendalami kedua bidang tersebut hingga sekarang.

"Saya sudah lama tertarik dengan sejarah dan sosiologi. Saya senang mempelajari dan menganalisis berbagai fenomena sosial," ujar Alviyar.

Selama bertahun-tahun, Alviyar tekun mengasah kemampuannya. Kerja kerasnya pun berbuah manis dengan raihan dua medali emas di olimpiade tersebut.

Saat ini, Alviyar telah mengoleksi total 3 medali emas olimpiade bidang Sejarah dan 3 medali emas olimpiade bidang Sosiologi dalam kurun waktu 3 tahun.

Baca juga: Raih Banyak Prestasi, Irfan Berhasil Lulus 3,5 Tahun dengan IPK 3,98

Mahasiswa semester 2 Universitas Trisakti ini memiliki mimpi besar untuk terus mengikuti olimpiade dan mengembangkan kemampuannya. Ia berharap kemampuannya di bidang sejarah dan sosiologi akan menjadi penunjang bagi kemajuan kariernya di masa depan.

"Saya ingin terus melanjutkan pendidikan ke jenjang magister hukum dan fokus pada minat dan karir saya di bidang sejarah dan sosiologi," imbuh Alviyar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com