Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Jalur Mandiri UNS dan Perkiraan Jadwal Pendaftarannya

Kompas.com - 24/03/2024, 19:10 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jalur Mandiri UNS 2024 (Universitas Sebelas Maret) bisa dimanfaatkan calon mahasiswa yang mau kuliah di kampus negeri di Surakarta, Jawa Tengah ini.

UNS jadi salah satu kampus favorit calon mahasiswa karena selain kualitasnya, biaya hidup di Surakarta juga cukup terjangkau.

Selain jalur SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), jalur mandiri UNS 2024 juga bisa kamu coba.

Dari hasil pantauan Kompas.com dari laman resmi UNS, informasi terkini terkait pendaftaran jalur mandiri UNS 2024 memang belum ada.

Baca juga: Jalur Mandiri Unpad 2024 dan Biaya Kuliahnya, Calon Mahasiswa Cek

Jalur mandiri UNS 2024

Namun jika mengacu pada jalur mandiri UNS 2023, ada 12 jalur mandiri yang bisa kamu coba daftar.

Mengacu pada pendaftaran jalur mandiri UNS tahun lalu, jadwal pendaftaran beberapa jalur mandiri ada yang dibuka bersamaan. Tapi ada juga jalur mandiri yang dibuka pada bulan lain.

Namun jalur mandiri UNS dibuka berurutan mulai bulan Mei, Juni hingga Juli. 

Dilansir dari laman resmi UNS, Minggu (24/3/2024) berikut penjelasan 12 jalur mandiri UNS yang bisa dicoba para calon mahasiswa.

1. Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS Gelombang 2 (SM UNS - SMJU (UTUL UNS))

Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTUL UNS diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret. Perkiraan jadwal pendaftaran jalur ini dibuka awal bulan Juli 2024.

2. Seleksi Mandiri Jalur UTBK Gelombang 2 (SM UNS - SMJU (UTBK UNS))

Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTBK, diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh BPPP (Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan) Kemendikbud Ristek. Perkiraan jadwal pendaftaran jalur ini dibuka awal bulan Juli 2024.

3. Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional ( Ujian ) (SM UNS - SMJKI (UTUL UNS))

Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Program Kelas Internasional dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara Internasional. Materi perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris. Perkiraan jadwal pendaftaran jalur ini dibuka awal bulan Juli 2024.

4. Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (Nilai UTBK) (SM UNS - SMJKI (nilai UTBK)) Gelombang II

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com