Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPI Buka Prodi S1 Ilmu Hukum di Tahun 2024

Kompas.com - 19/03/2024, 11:28 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kini membuka program studi (prodi) S1 baru pada tahun 2024.

Secara resmi, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd, MA membuka Prodi S1 Ilmu Hukum yang berada di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) pada 12 Maret 2024.

Pendirian Program Studi Ilmu Hukum ini diinisiasi sejak 2023 dan berproses sesuai tahapan yang dipersyaratkan. Prodi ini sudah ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Melalui Surat Nomor. 465/BAN-PT/LL/2024.

Baca juga: Universitas Terbuka Buka Dua Prodi S1 Baru 2024, Ini Cara Daftar

Prodi baru UPI ini tentu bisa menjadi pilihan siswa SMA sederajat yang ingin memilih jurusan ini dan berkarier di bidang hukum. 

Menurut Ketua Tim Pengembang Program Studi Ilmu Hukum Program Sarjana FPIPS UPI Prof. Dr. Cecep Darmawan, bahwa visi Prodi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI yaitu menjadi Program Studi Pelopor (leading) dan outstanding atau unggul.

"Kemudian berbasis riset untuk menghasilkan Sarjana Hukum yang profesional, kompetitif, inovatif, bermoral, serta mengabdi pada kepentingan bangsa dan negara dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila," kata dia dilansir dari laman UPI.

Sedangkan tujuan Program Studi ini yaitu menjadikan Program Studi S1 Ilmu Hukum sebagai lembaga pendidikan tinggi hukum terbaik di Indonesia dengan reputasi internasional.

Selanjutnya Prof. Cecep mengungkapkan bahwa sasaran yang diharapkan Prodi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI yaitu terwujudnya pembelajaran berbasis penelitian atau research based learning. 

Baca juga: Syarat Daftar Akmil, AAL, dan AAU TNI 2024, Dibuka Serentak 22 Maret

Serta bisa berkelas dunia dan peningkatan reputasi internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta terwujudnya lulusan SDM ahli di bidang hukum yang mampu bersaing secara nasional maupun global.

Profil lulusan difokuskan untuk menjadi SDM ahli di bidang hukum, seperti Penegak Hukum, Profesi Hukum, Birokrat, dan Akademisi.

Selain itu, lulusannya diharapkan memiliki kompetensi khusus di bidang Hukum Pendidikan serta berjalan seiring dengan pengembangan penelitian dan riset dalam bidang Hukum Pendidikan yang inovatif dan aplikatif.

Program Studi ini juga memiliki keunggulan dalam kurikulum yang dikembangkan mengacu kepada body of knowledge, dengan fokus penguatan kompetensi penelitian, keilmuan dan keterampilan aplikasi di bidang Hukum Pendidikan.

Serta mengembangkan ilmu, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (tridharma perguruan tinggi) berbasis ilmu hukum secara terpadu.

Di mana hal ini dilakukan melalui pelaksanaan perkuliahan yang mengimplementasikan optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana serta potensi diri mahasiswa dalam proses pembelajaran. Termasuk pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.

Kerja sama dalam melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat juga akan menggandeng stakeholders pemerintah maupun pihak swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com