Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah di Inggris Dinilai Lebih Hemat Biaya, Kenapa?

Kompas.com - 19/03/2024, 11:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah di Inggris atau United Kingdom (UK) belum menjadi pilihan bagi sebagian calon mahasiswa di Indonesia.

Padahal, menurut Country Director Indonesia and Southeast Asia Cluster Lead British Council, Summer Xia, kuliah di UK memiliki banyak keuntungan salah satunya kualitas pendidikan yang baik.

"Secara kualitas, pendidikan di Inggris memang sudah dikenal dunia dengan kualitasnya," kata Xia di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Berdampak bagi Masyarakat, 4 Pelajar Indonesia Raih Penghargaan British Council

Selain itu, lanjut Xia, kuliah di UK juga termasuk bagian dari melakukan effective cost atau biaya yang efektif untuk menempuh pendidikan tinggi.

Hal itu terlihat dari masa tempuh studi untuk S1 dan S2 cenderung lebih cepat dari negara lain.

"Kuliah di sana sebenarnya secara biaya di UK (United Kingdom) lebih cost effective. karena dibutuhkan hanya tiga tahun untuk undergraduate, lalu satu tahun lagi untuk S2-nya. Jadi secara cost itu lebih efektif di UK," ujarnya.

Xia juga mengungkapkan ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa kuliah di UK salah satunya dengan cara mendaftar beasiswa dari pemerintah Indonesia, pemerintah UK.

Dari pemerintah Indonesia, calon mahasiswa bisa mencoba beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Sementara beasiswa dari pemerintah Inggris dan British Council antara lain Chevening, Women in Stem, beasiswa tidak penuh, dan program transnational education.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke Inggris 2024 Khusus Perempuan, Tanpa Batas Usia

Di mana mahasiswa kini bisa kuliah di kampus UK tetapi di Indonesia dengan pengadaan kampus cadangan dan kerja sama pembukaan program kuliah dari universitas di UK dengan universitas yang ada di Indonesia.

"Batasan pendidikan melalui sudah tdk lagi harus dilakukan di UK, tapi dapat ditempuh di Indonesia dari university di UK. Itu menjadi opsi yang secara biaya lebih memungkinkan dan juga lebih bisa dicapai oleh banyak orang di Indonesia," tuturnya.

"Sebenarnya banyak sekali ragam cara untuk menempuh pendidikan di UK," pungkas Xia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com