Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Perempuan Internasional, Google: Peluang Perempuan di Bidang Teknologi Tidak Lagi Terbatas

Kompas.com - 08/03/2024, 07:56 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Perempuan Internasional (International Women's Day) atau Hari Perempuan Sedunia diperingati setiap 8 Maret.

Perayaan ini dimaksudkan untuk memperingati prestasi perempuan dalam berbagai bidang dan untuk memperjuangkan kesetaraan gender serta hak-hak perempuan di seluruh dunia.

Dalam memperingati Hari Perempuan Internasional, Country Leads Google For Education Indonesia, Olivia Basrin memberikan pesan bahwa perempuan mampu memberikan kontribusi besar bagi pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Syarat Daftar Beasiswa Google 2024 Khusus Perempuan, Ada Tunjangan Rp 39 Juta

Pada acara Indonesia Education Summit, Olivia Basrin menyatakan bahwa kesempatan perempuan di bidang teknologi tidak lagi terbatas.

“Naluri seorang wanita membuat kita bisa menjadi lebih sharp, analytic, dan ajal dalam arti lebih fokus,” ujar Olivia Basrin kepada Kompas.com, Rabu (6/3/2024)

Menurut Olivia, setiap perempuan memiliki kesempatan yang besar untuk mengisi posisi besar dalam industri digital teknologi maupun di industri lainnya. Bahkan, posisi perempuan tidak dapat digantikan karena kelihaian yang hanya dimiliki setiap perempuan.

Untuk dapat mengisi kesempatan tersebut, Olivia memberikan tiga hal yang menjadi bekal untuk para perempuan di Indonesia.

Baca juga: 2 Beasiswa S2-S3 Khusus Perempuan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Anak

Pertama ialah helpfulness atau rasa saling membantu. Lalu, thinking outside the box atau berpikir lebih luas dari hal yang umum. Ketiga ialah humility atau kerendahan hati.

“Bagaimana caranya dengan segala pengetahuan yang dimiliki, tetapi masih memiliki kemauan terus belajar dan semangat pantang menyerah,” pesan Olivia Basrin untuk perempuan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com