Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Daftar Beasiswa Google 2024 Khusus Perempuan, Ada Tunjangan Rp 39 Juta

Kompas.com - 04/02/2024, 13:47 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google akan memberi beasiswa untuk para perempuan di tahun 2024 melalui beasiswa Generation Google Scholarship (APAC).

Dilansir dari laman Build Your Future with Google, beasiswa ini akan membantu perempuan yang sedang mengenyam pendidikan untuk mengejar gelar di bidang ilmu komputer.

Baca juga: 3 Jenis Beasiswa UI, Bantu Biaya BOP dan Uang Saku Bulanan

Mahasiswa yang terpilih akan menerima tunjangan senilai 2.500 dollar AS atau setara Rp 39 juta untuk tahun akademik 2024-2025.

Pendaftaran beasiswa ini akan dimulai pada awal tahun 2024, namun sampai saat ini belum diketahui kapan pastinya beasiswa APAC akan dibuka.

Meski demikian, tidak ada salahnya jika mempersiapkan terlebih dahulu semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar.

Syarat pendaftaran beasiswa APAC

Bila ingin ikut pendaftaran beasiswa ini, maka bisa melengkapi persyaratan sebagai berikut:

1. Saat ini terdaftar sebagai mahasiswa sarjana tahun kedua atau ketiga penuh waktu di universitas terakreditasi di Asia Pasifik untuk tahun akademik 2023-2024.

2. Berniat untuk terus mengejar program Sarjana penuh waktu di universitas terakreditasi di Asia Pasifik untuk tahun akademik 2024-2025.

3. Mempelajari ilmu komputer, teknik komputer, atau bidang teknis yang terkait erat.

4. Tunjukkan catatan akademis yang kuat.

5. Memberikan contoh kepemimpinan dan menunjukkan semangat untuk meningkatkan keterwakilan kelompok yang kurang terwakili dalam ilmu dan teknologi komputer.

Baca juga: Beasiswa Kuliah Daring Kemendikbud Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Dokumen pendaftaran beasiswa APAC

1. Informasi latar belakang umum (misalnya informasi kontak dan rincian tentang universitas Anda saat ini dan yang dituju).

2. Lanjutkan/CV.

3. Transkrip akademik dari institusi Anda saat ini.

4. Jawaban atas pertanyaan esai jawaban singkat,

Adapun pertanyaan esai tersebut meliputi:

  • Ceritakan pada saya saat Anda menghadapi masalah kompleks tanpa jalan keluar yang jelas. Jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mendapatkan solusi secara detail. Sumber daya dan solusi apa yang Anda pertimbangkan? Apa yang Anda pelajari dari pengalaman ini? Ingatlah bahwa ini bisa menjadi masalah yang Anda hadapi di sekolah, tempat kerja, kegiatan ekstrakurikuler, atau di rumah.
  • Dari pengalaman pribadi Anda, jelaskan hambatan yang menghalangi akses yang adil terhadap bidang teknologi. Menurut Anda apa yang menjadi akar permasalahannya? Tindakan apa yang telah Anda ambil untuk mengatasi ketidakadilan ini dan tindakan apa yang Anda rencanakan? Harap fokuskan setidaknya setengah dari tanggapan Anda pada tindakan yang telah Anda ambil. Ingatlah bahwa dampak dapat terjadi dalam berbagai cara dan pada skala yang berbeda-beda.

Baca juga: 3 Skema Beasiswa IISMA 2024, Pendaftar Wajib Tahu

Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa langsung menyambangi laman https://buildyourfuture.withgoogle.com/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com