Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNY Buka Prodi Baru Magister Manajemen, Kuliah S2 Hanya 3 Semester

Kompas.com - 28/06/2023, 08:56 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Yogyakarta membuka program studi atau jurusan baru pada tahun akademik 2023/2024. Jurusan baru ini ialah Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Jurusan Magister Manajemen UNY memiliki kurikulum yang dirancang hanya selama tiga semester. Sehingga, di semester 3 mahasiswa sudah dapat mengerjakan tesis.

Wakil Dekan Bidang Riset Kerjasama Sistem Informasi dan Usaha FEB UNY Prof. Setyabudi Indartono mengatakan tujuan pembukaan program studi ini adalah untuk memberi kesempatan masyarakat mengembangkan dan memperdalam ilmunya dalam bidang manajemen khususnya bidang strata dua (S2).

“Kami buka konsentrasi manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran serta manajemen keuangan” katanya, Selasa (27/6/2023) dilansir dari rilis UNY.

Baca juga: Unpad Buka Beasiswa Fast Track S2 Plus S3 Hanya 4 Tahun, Segera Daftar

Menurut Doktor dari NCU Taiwan tersebut penyelenggaraan proses pembelajaran ini sesuai tuntutan Society 5.0 dan Penta-Helix Pendidikan Tinggi.

Pembelajaran ini untuk menyiapkan lulusan yang unggul, Kreatif, dan Inovatif, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan global.

Selain itu juga untuk mengembangkan penelitian dan publikasi karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa.

Para civitas academica ini nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi teoritis, empiris, dan praktis dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis sesuai tuntutan Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, dan Penta-Helix Pendidikan Tinggi.

Lulusan S2 Magister Manajemen UNY diharapkan menjadi calon akademisi dan praktisi di bidang manajemen yang memiliki kompetensi profesional, pengetahuan dan praktik bidang manajemen dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu dan riset berbasis teknologi digital.

Keunggulan lain jurusan ini, bisa mengakomodasi karakteristik Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan.

Baca juga: 8 PTN Masih Buka Jalur Mandiri di Bulan Juli 2023

Prodi Magister Manajemen menghadirkan pengalaman belajar (learning experience) berupa aktivitas belajar mahasiswa melalui interaksi dengan kondisi eksternal di lingkungan pembelajarannya.

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar prodi manajemen akan diadakan matrikulasi sebelum pelaksanaan perkuliahan. Sedangkan mata kuliah matrikulasi adalah statistik, pengantar bisnis, pengantar manajemen serta dasar-dasar ilmu ekonomi.

Cara Daftar dan Biaya S2 Manajemen UNY 2023

Cara daftar S2 Manajemen UNY bisa melalui CBT Domisili, CBT Kampus dan Portofolio. Pembelajaran dilakukan secara luring maupun daring.

Bahkan Setyabudi memberikan sinyal akan membuka kelas malam dan weekend apabila pesertanya melebihi target atau sesuai permintaan stakeholder.

Biaya yang dipungut untuk studi lanjut pada MM FEB UNY adalah Rp. 8.500.000 untuk jalur reguler, lalu Rp. 9.500.000 untuk jalur non reguler/Kerjasama dan Rp. 11.000.000 untuk mahasiswa luar negeri.

Sumbangan Pengembangan Institusi sebesar Rp. 2.500.000 dibayarkan sekali pada awal semester pertama. Pendaftaran program Magister Manajemen FEB UNY dapat diakses melalui pmb.uny.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com