Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 11:19 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 akan diumumkan pada 20 Juni 2023.

Peserta UTBK SNBT 2023 dapat melihat hasil UTBK SNBT 2023 melalui laman resmi SNPMB di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos UTBK SNBT 2023 tidak perlu berkecil hati. Masih ada jalur penerimaan mahasiswa lainnya yang bisa dicoba untuk meraih jurusan dan kampus impian.

Baca juga: Jam Berapa UTBK SNBT 2023 Diumumkan? Ini Info dan Cara Mengeceknya

Lalu, hal apa yang bisa dilakukan bagi para peserta yang dinyatakan tidak lolos dalam UTBK SNBT 2023?

Dilansir dari laman Instagram @bp3_kemdikbud, berikut 4 hal yang bisa dilakukan bagi peserta yang tidak lolos UTBK SNBT 2023.

1. Ambil peluang di Seleksi Mandiri

Jalur UTBK SNBT 2023 bukanlah satu-satunya cara bagi calon mahasiswa baru dalam meraih jurusan dan universitas yang diimpikan.

Masih ada jalur penerimaan lainnya yang bisa ditempuh calon mahasiswa, seperti seleksi bersama Perguruan Tinggi Kementerian Lain (PTKL) atau seleksi mandiri yang dibuka oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

Beberapa PTN juga telah membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri mereka. Kamu bisa mendaftar dalam jalur mandiri SIMAK UI, UM UGM, SMUA Unair, SMUP Unpad, dan berbagai jalur mandiri PTN lainnya.

2. Mempertimbangkan Sekolah Kedinasan

Peluang kuliah di instansi pendidikan negeri tidak hanya dibuka pada PTN saja. Saat ini, ada banyak sekolah kedinasan yang membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah.

Sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil), dan berbagai sekolah kedinasan lainnya bisa menjadi pilihan calon mahasiswa.

Baca juga: Pengumuman UTBK SNBT 2023, Ketik 2 Hal Ini untuk Tahu Hasilnya

3. Mengikuti Seleksi Perguruan Tinggi Swasta

Selain PTN, ada banyak perguruan tinggi swasta (PTS) berkualitas yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa dalam melanjutkan studi.

Saat ini, banyak PTS juga menyediakan pembelajaran yang kualitasnya tidak kalah dengan PTN top Indonesia.

Tidak perlu khawatir terkait pembiayaan karena sekarang ada banyak beasiswa yang bisa calon mahasiswa ajukan dan tersedia di masing-masing PTS.

4. Memilih untuk Gap Year

Gap year menjadi salah satu pilihan yang banyak dilakukan oleh calon mahasiswa yang dinyatakan belum lolos di seleksi masuk PTN.

Memilih gap year bukan berarti bahwa kamu telah gagal. Ambil kesempatan selama gap year untuk mempersiapkan diri secara lebih matang dalam menyambut seleksi masuk PTN di tahun berikutnya.

Di masa gap year, calon mahasiswa juga bisa mengisi waktu luangnya untuk meningkat nilai diri dengan kegiatan bermanfaat, seperti mengikuti kursus atau ikut program magang sambil terus belajar dan mempersiapkan diri untuk seleksi ke kampus impian.

Itulah 4 hal yang bisa dilakukan oleh peserta yang dinyatakan tidak lolos pada UTBK SNBT 2023. Tidak perlu sedih berlarut-larut dan berkecil hati karena masih ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menuju kampus dan jurusan impian!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com