Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2023, 07:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Panitia Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2023 di Pusat UTBK Universitas Bengkulu (Unib) menemukan tiga orang peserta yang terindikasi berbuat curang pada Selasa (9/5/2023).

Padahal pihak Pusat UTBK Unib telah merelakukan pemeriksaan ketat menggunakan alat metal detektor terhadap seluruh peserta tes sebelum masuk ke ruangan.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Ketua Panlok UTBK SNBT 2023 Unib, Prof. Mochamad Lutfi Firdaus menyatakan, setelah diperiksa menggunakan metal detektor, terdapat alat-alat komunikasi canggih melekat di badan peserta.

Alat itu, kata dia, ditutupi kostum dan dirancang sedemkian rupa untuk melakukan scan soal dan berkomunikasi dengan pihak luar menggunakan mini earphone yang dipasang pada lubang telinganya.

"Disinyalir alat-alat komunikasi canggih yang melekat pada badan dan kostum peserta tersebut merupakan modus untuk melakukan kecurangan dengan bantuan pihak tertentu di luar lokasi tes," kata dia mengutip laman Unib, Kamis (11/5/2023).

Berkat kesigapan dan pengawasan dilakukan panitia, alat-alat komunikasi canggih yang ditemukan melekat pada badan peserta tersebut lalu disita sebagai alat bukti.

Peserta bersangkutan, sebut dia, tidak diperbolehkan mengikuti tes, serta dinyatakan tidak lulus.

"Dan kemudian, ketiga peserta yang disinyalir melakukan kecurangan tersebut telah dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut," jelas dia.

Dari penelusuran panitia Pusat UTBK SNBT di Unib, ketiga peserta yang curang berasal dari Pulau Jawa.

Baca juga: Jika Peserta UTBK SNBT 2023 Curang, SNPMB: Dikirim ke Penegak Hukum

"Ketiganya juga mengikuti tes untuk masuk Fakultas Kedokteran pada universitas di Pulau Jawa, bukan Fakultas Kedokteran Unib," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com