Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa D3, S1, S2 di Perancis 2023, Tunjangan Rp 13 Juta Per Bulan

Kompas.com - 10/04/2023, 08:30 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa dan mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikan tinggi di Perancis, ada beberapa beasiswa yang bisa kamu ajukan untuk tahun ajaran 2023/2024.

Pemerintah Perancis melalui Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa asal Indonesia dengan menawarkan beasiswa untuk jenjang D3, S1, dan S2.

Beasiswa ini menawarkan fasilitas asrama dan uang saku bulanan hingga Rp 13 Juta per bulan. Namun, beasiswa ini bersifat Parsial atau sebagian dan bukan beasiswa penuh, sehingga tidak akan menanggung biaya kuliah mahasiswa. 

Baca juga: 10 Jurusan S2 yang Lulusannya Banyak Dicari Tahun 2026

Dibuka hingga akhir April 2023, berikut 5 beasiswa jenjang D3 hingga S2 di Perancis yang dapat menjadi referensi untuk kamu coba.

1. Beasiswa France Excellence D3/S1

Beasiswa France Excellence D3/S1 merupakan program lanjutan dari beasiswa Parsial D3/S1 yang telah diluncurkan pada tahun 2020 dan 2021 lalu. Program beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan.

Pemerintah Perancis melalui Institut Perancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia memberikan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia unggulan yang akan memasuki tahun pertama pendidikan tinggi jenjang D3 ataupun S1 di Perancis.

2. Beasiswa France Excellence S2

Program beasiswa France Excellence S2 ditujukan bagi mahasiswa Indonesia unggulan yang ingin melanjutkan studi pada tingkat Master (M1 ataupun M2) di Perancis. Program beasiswa ini dibuka untuk semua jurusan.

Baca juga: 6 Universitas di Luar Negeri dengan Biaya Kuliah S2 Paling Murah

3. Beasiswa France Excellence Master 2

Beasiswa Master 2 ini merupakan program beasiswa yang telah diluncurkan sejak tahun 2022 lalu. Beasiswa ini ditujukan khusus bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di tahun kedua jenjang Master (M2), baik yang telah menetap di Perancis ataupun yang masih mempersiapkan keberangkatan dari Indonesia.

4. Beasiswa Tematik

Beasiswa Tematik merupakan beasiswa unggulan yang diselenggarakan untuk mendukung rencana studi mahasiswa master (baik M1 maupun M2) di bidang-bidang yang menjadi prioritas kerja sama antara Perancis dan Indonesia.

Untuk tahun 2023, bidang-bidang yang dipilih adalah Ilmu Teknik, Kajian Gender, Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Ilmu Kelautan, dan Video Game.

5. Beasiswa Kartini Sains

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com