Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokasi UI Terapkan Kurikulum dengan Mata Kuliah Komik

Kompas.com - 05/01/2023, 16:44 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Komik merupakan salah satu karya yang banyak peminatnya tanpa kenal batas usia.

Menariknya, Indonesia menempati posisi ketiga terbesar setelah Amerika Serikat dan Thailand dalam jumlah pengakses manga di platform penyedia manga legal, Manga Plus.

Kini, komik tak lagi hanya dalam bentuk buku fisik, namun ikut beradaptasi dari bentuk konvensional ke digital.

Melihat antusiasme perkembangan industri komik tersebut, program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) menerapkan kurikulum yang memiliki mata kuliah pembuatan komik di dalamnya.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Diminati di UI dan UGM, Referensi SNBP 2023

Tujuannya agar Vokasi UI ikut berpartisipasi dalam membangun industri komik Indonesia yang memiliki potensi tinggi.

Selain itu, agar industri komik mampu mendobrak pasar ekonomi kreatif Indonesia.

Upaya lainnya yang dilakukan UI adalah dengan menyelenggarakan lokakarya dalam program pengabdian masyarakat (pengmas) dengan tema “Comic, IP, Transmedia-Storytelling” yang diselenggarakan November lalu di Auditorium Vokasi UI, Depok.

Sebanyak 180 siswa siswi dari SMA dan SMK di Jabodetabek, yaitu SMKN 1 Depok, SMA Al Azhar 19, SMKN 1 Depok, dan SMK Budi Luhur ikut dalam acara tersebut. Termasuk mahasiswa Vokasi UI, baik peserta yang sudah memiliki kompetensi menggambar maupun yang belum.

Kegiatan pengmas tersebut dihadiri oleh sejumlah praktisi di berbagai bidang, seperti Rizqy R Mosmarth selaku Managing Editor BumiLangit Entertainment, Bara Adhyaksa selaku Manager HUION Indonesia dan Ayoga Nanda yang merupakan Editor Gramedia.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jurusan DKV di ITS, Binus, dan Trisakti 2022

Bara menyampaikan bahwa intellectual property (IP) merupakan aset tak berwujud yang dapat dimiliki kreator komik.

Beberapa tahun terakhir, terang dia, pangsa pasar bisnis IP terus meningkat dan berpotensi untuk meningkatkan ekosistem industri kreatif di Indonesia.

“Penyebarluasan informasi mengenai hal ini perlu dilakukan. Apalagi melihat industri komik di Indonesia yang mulai merambah kembali digemari banyak orang. Peran industri untuk mengenalkan komik kepada generasi muda dapat dimulai dengan langkah awal seperti lokakarya yang saat ini kita berikan, khususnya bagi siswa-siswi SMA dan SMK,” ujar Bara dilansir dari keterangan resmi UI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com