Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unair Sebut 4 Kiat Bisnis yang Buat Mixue Punya Banyak Cabang

Kompas.com - 05/01/2023, 16:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada strategi bisnis Mixue yang membuat bisnis es krim dan minuman milik perusahaan China ini makin laris hingga membuka cabang.

Bahkan logo Mixue yang berbentuk boneka salju Snow King itu dengan sebutan ‘malaikat pencatat ruko kosong’ oleh banyak warga Indonesia.

Dosen strategi pemasaran Universitas Airlangga (Unair) Prof. Sri Hartini mengatakan fenomena mixue yang bertebaran dimana-mana sangat menarik buat dunia marketing karena perusahaan tersebut berhasil menerapkan konsep-konsep marketing strategy dengan tepat.

Prof. Hartini menuturkan, ada empat tools yang paling banyak digunakan oleh perusahaan dalam marketing strategy, yaitu price, product, place, dan promotion. Dalam hal ini, Mixue berhasil menggunakan empat tools tersebut dengan baik.

Baca juga: Curhat Bagus buat Kesehatan Mental, Ini Kata Pakar Unair

Pertama price, menurut Hartini kekuatan Mixue terletak pada harganya yang relatif murah. Dalam teori marketing strategy, hal itu disebut dengan penetration pricing.

“Memang Mixue ini sengaja merebut pasar-pasar es krim yang sudah ada dengan harga yang paling murah. Kita tidak tahu ke depannya kalau penetration pricing itu memang menawarkan harga yang paling murah atau nanti ketika kompetitor lain sudah tidak ada, pelan-pelan menaikkan harga,” jelasnya, dilansir dari laman Unair.

Selain penetration price, ia menyebutkan bahwa harga jual Mixue juga dipengaruhi karena perusahaan tersebut memiliki banyak cabang sehingga perusahaan tersebut memerlukan banyak kebutuhan untuk produksi. Hal tersebut membuat Mixue mencapai skala ekonomis sehingga laku keras dan biaya produksi menjadi lebih rendah.

Baca juga: Dosen UM Surabaya Beri Saran buat Guru SD Saat Mengajar

“Misalnya, kita mau beli packaging-nya, kalau kita cuman memproduksi ratusan unit dengan memproduksi ribuan unit, harganya akan lebih murah ribuan unit. Kekuatan utamanya itu pricing murah, low cost, dan sistem franchise sehingga semua diurusi oleh masing-masing cabang,” ucap Hartini.

Kedua product, menurutnya produk Mixue juga memiliki rasa yang tidak kalah dari produk-produk pesaing lainnya. Meskipun dijual dengan harga yang murah, Mixue justru berhasil membuat produk yang bagus dan mampu bersaing di pasaran.

Ketiga place, distribusi perusahaan Mixue berhasil mengandalkan kekuatan relationship atau kemitraan yang banyak sehingga tidak membutuhkan tempat yang mahal dan bagus, melainkan tempat yang ramai dan strategis sehingga hal itulah yang membuat ekspansi Mixue makin masif.

Terakhir mengenai promotion, Mixue menggunakan media social marketing seperti Instagram, Tiktok, dan sebagainya sehingga produknya mudah dikenal banyak orang dan viral.

Cara buka cabang Mixue dan Mc Donald berbeda

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) itu menjelaskan bahwa Mixue berbeda dengan McDonald meskipun keduanya sama-sama berekspansi sebagai franchise.

Dalam hal ini, ekspansi Mixue lebih masif ketimbang McDonald karena harganya yang lebih murah sehingga orang lebih mudah untuk membuka gerai.

“Selain itu, saya rasa kalau McDonald dulu kita belum terbiasa makan roti dan kentang, itu dibuat orang jadi makanan yang biasa. Tapi, kalu es krim itu bukan makanan yang baru. Cara masuknya sama, tapi tetap keduanya berbeda,” ungkapnya.

Ia mengatakan, eksistensi Mixue tentu akan berdampak terhadap gerai-gerai es krim dan minuman lainnya yang sudah ada di Indonesia. Meskipun setiap produk memiliki target pasar yang berbeda. Namun, jika pasar-pasar tersebut tidak dijaga, maka kemungkinan akan beralih ke Mixue.

Baca juga: 10 Hard Skill dan Soft Skill Wajib Dimiliki Mahasiswa

“Terlebih kondisi saat ini semuanya serba viral dan krisis moneter sehingga semua orang memiliki sensitivitas harga yang tinggi. Jadi, perusahaan lokal harus berbenah, harus meng-create produk baru dan terus berinovasi,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com