Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 22/12/2022, 20:38 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Gunadarma melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam rangka pemulihan korban bencana gempa Cianjur.

Kegiatan PKM Universitas Gunadarma didukung Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek lewat program insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi perguruan tinggi swasta (PTS) tahun 2022.

Baca juga: 20 Jurusan ITB Punya Daya Tampung Terbanyak, Referensi SNPMB 2023

Serangkaian kegiatan sudah dilaksanakan mulai 13 Desember 2022.

Pada Kamis (22/12/2022), berbagai inovasi teknologi tepat guna diluncurkan dan diserahterimakan dari Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti didampingi Warek 4 Universitas Gunadarma Prof. Didin Mukodim kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Sekretaris Daerah Dr. Cecep S. Alamsyah.

"Selain didanai insentif dari pemerintah, Universitas Gunadarma juga memberikan beasiswa kepada 40 mahasiswa dari 4 PTS di Cianjur yang terdampak bencana gempa," kata Prof. E.S. Margianti dalam keterangannya.

Kegiatan PKM Universitas Gunadarma menjadi bagian dari program Kampung Cekattan (Cepat Tanggap Kolaboratif untuk Cianjur Bangkit dan Tangguh) yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek. Kick off kegiatan tersebut sudah dilaksanakan pada 13 Desember 2022.

Prof. E.S. Margianti mengatakan, berbagai inovasi teknologi terpilih bersifat tepat guna, berbasis pemberdayaan masyarakat, dan berkelanjutan untuk memulihkan korban bencana gempa Cianjur.

Kampus dengan fasilitas UG Technopark sudah memberikan kontribusi sebelumnya untuk bidang kesehatan, pariwisata, dan seni budaya melalui berbagai kegiatan yang difasilitasi oleh UG Technopark.

Baca juga: 7 Dokumen buat Daftar KIP Kuliah, Persiapan Siswa SNPMB 2023

Acara launching dan serah terima inovasi tersebut dilaksanakan di UG Technopark yang juga dihadiri penerima manfaat inovasi di lokasi bencana, yaitu di Desa Nagrak dan Desa Benjot Kecamatan Cugenang serta Kampung Tunggilis Kecamatan Pacet.

Perwakilan relawan dari Kampung Tunggilis, Kepala SMP 5 di Kecamatan Cugenang, serta Camat Mande memberikan testimoni langsung mengenai kebermanfaatan berbagai inovasi yang sudah diterapkan di lokasi bencana atau pengungsian.

Sekda Cianjur, Dr. Cecep S. Alamsyah menyebutkan, kontribusi Gunadarma tidak hanya sebatas penanggulangan bencana gempa saja.

Berbagai inovasi teknologi diterapkan dalam kegiatan itu, di antaranya UG Matriks (Mockup Rumah Terintegrasi untuk Edukasi Kesehatan Keluarga) yang dapat berfungsi sebagai fasilitas untuk trauma healing dan layanan kesehatan keluarga dengan menggunakan wahana bergerak yang bisa mengunjungi lokasi pengungsian.

Baca juga: Ini Biaya Kuliah S1 Aktuaria UI, UGM, ITB, UPH, dan UB

"UG Matriks juga dilengkapi dengan UG Smile (Sistem Monitoring untuk Identifikasi Lokasi dan Evaluasi Penanganan Bencana) termasuk command center sederhana yang dapat digunakan oleh para relawan dan pemangku kepentingan dalam penanganan bencana," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+