Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Athira, Mahasiswi Unpad yang Sukses Magang di Mercedes-Benz

Kompas.com - 20/12/2022, 15:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswi Program Studi Bisnis Logistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran peserta program Indonesian International Mobility Awards (IISMA Vokasi) 2022, Athira Ananda Safira Putri Arie mendapat kesempatan magang di Mercedes-Benz Parts Logistic UK di Inggris.

Athira yang mengikuti program IISMA Vokasi di Coventry University Inggris berkesempatan mengikuti magang di Mercedez-Benz Part Logistic UK.

Kesempatan ini diperoleh karena selama mengikuti IISMA, Athira tergabung dalam skema Industrial Experience Programme.

Baca juga: 20 Jurusan ITB Punya Daya Tampung Terbanyak, Referensi SNPMB 2023

Melalui skema ini, Athira akan terlibat langsung dalam proyek magang dengan industri.

Kegiatan magang dan perkuliahan dilakukan di bawah bimbingan Prof. Benny Tjahjono, Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS), sebuah pusat riset unggulan di Coventry University dan selaku penanggung jawab program IISMA Vokasi di kampus tersebut.

Mercedes-Benz Parts Logistic UK Limited memiliki peran dalam mengelola distribusi dan logistik semua suku cadang produk Mercedes-Benz yang berada di Inggris Raya.

Proyek industri yang Athira kerjakan adalah mengenai warehouse safety dan data visualisation.

Dengan latar belakang keilmuan di bidang Bisnis Logistik, Athira merasa terbantu saat mengerjakan proyek-proyek selama magang di Mercedes-Benz.

"Pada saat saya mengerjakan proyek di gudang Mercedes-Benz Parts Logistics UK ini saya banyak mengaplikasikan apa yang sudah saya pelajari selama 6 semester di Bisnis Logistik Universitas Padjadjaran," kata dia dalam keterangannya dikutip dari laman Unpad, Selasa (20/12/2022).

Selama magang, dia melakukan observasi langsung dan membantu memberikan solusi pada masalah keselamatan kerja di gudang Mercedes-Benz.

Fokus dari kegiatan ini adalah meningkatkan keamanan dan keselamatan para pekerja dari mesin-mesin yang ada di gudang.

Baca juga: Ini Kategori Siswa yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT dan Jalur Mandiri

Dalam hal ini, Mercedes-Benz membutuhkan perspektif baru dari Athira untuk meningkatkan kualitas keselamatan kerja yang ada di gudang.

Observasi yang dilakukannya diharapkan memberikan solusi untuk perbaikan line marking serta pemasangan sensor dan traffic light.

Sementara untuk proyek Data Visualisation, Athira membantu perusahaan untuk memperkenalkan perangkat lunak baru kepada staf mereka.

Metode yang digunakan sebelumnya relatif kurang efisien, mengingat tidak sedikit data kegiatan di gudang yang harus diolah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com