Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa atau calon mahasiswa yang ingin lanjut kuliah mulai S1, S2, atau S3 di luar negeri bisa mempertimbangkan 8 negara yang menawarkan kuliah gratis tanpa perlu mendaftar beasiswa

Delapan negara ini sejak lama menggratiskan biaya kuliah di negaranya. Bahkan, beberapa negara ini dikenal dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. 

Contoh negara yang menawarkan gratis kuliah bagi mahasiswa adalah Finlandia. Seluruh biaya kuliah memang digratiskan oleh pemerintah. Mahasiswa tinggal membayar biaya pribadi selama tinggal di Finlandia. 

Namun, untuk mendapatkan biaya hidup, mahasiswa bisa mencari beasiswa di Finlandia yang menawarkan biaya hidup selama kuliah.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri dengan Uang Saku Rp 300 Juta Per Tahun

Lalu, negara mana lagi yang punya tawaran kuliah S1, S2, S3 gratis tanpa perlu daftar beasiswa? 

Dilansir dari laman bimbingan studi ke luar negeri Titik Nol English, berikut daftar 8 negara yang tanpa beasiswa bisa kuliah S1, S2, dan S3 gratis.

Daftar 8 negara tanpa beasiswa bisa kuliah S1, S2 dan S3 gratis

1. Finlandia

Finlandia diakui semua negara di dunia sebagai negara terbaik dalam memberikan pelayanan pendidikan. 

Sebagai salah satu negara maju di benua Eropa Utara, tak hanya membebaskan biaya pendidikan saja namun juga menyediakan banyak program studi berbahasa Inggris yang memudahkan mahasiswa asing dalam menempuh pendidikan di negara tersebut.

Baca juga: 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL atau IELTS

Namun calon mahasiswa harus ingat, jika pemerintah Finlandia hanya membebaskan biaya pendidikan atau gratis kuliah saja. 

Dengan kata lain untuk biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab masing-masing. 

Jadi, jika kamu bisa mencari sponsorship atau beasiswa yang menunjang biaya hidupmu tentu akan lebih baik. Atau jika ingin menggunakan biaya mandiri jangan lupa menghitung alokasi biaya hidup dengan masa kuliahmu. 

Beberapa kampus terbaik di Finlandia diantaranya University of Helsinki, Abo Academy University, University of Turku, dan University of Tampere.

2. Norwegia

Sebagian besar universitas di Norwegia tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. 

Artinya kamu bisa kuliah gratis tanpa perlu mendaftar beasiswa ke Norwegia. Meski demikian biasanya akan tetap ada iuran pendidikan di setiap semesternya sekitar 40-60 Euro. 

Baca juga: Beasiswa S1 Singapura 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 74 Juta

Biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu, namun tenang saja perubahannya tidak terlalu drastis. Semua biaya tersebut dikembalikan lagi untuk menunjang kualitas studi mahasiswa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com