Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Calon mahasiswa saat ini masih menanti sosialisasi resmi dari tim persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Sosialisasi dari tim persiapan SNPMB 2023 rencana dilakukan hari ini, Kamis (1/12/2022) pukul 13.00 WIB. 

Bagi yang berencana mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) perlu tahu skema terbaru seleksi masuk PTN di tahun 2023 mendatang.

Seperti yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim beberapa waktu lalu, bahwa seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) mengalami perubahan skema.

Baca juga: Nadiem Makarim Hapus Tes Mata Pelajaran pada Jalur SBMPTN

Skema baru SNMPTN atau SNBP 2023

Sebelum menyimak sosialisasi langsung dari tim SNPMB 2023, ada baiknya calon mahasiswa memperhatikan kembali perubahan skema seleksi PTN khususnya di jalur SNBP.

Perubahan ini telah diatur dalam Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi.

Istilah SNMPTN resmi diganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sedangkan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) istilahnya berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Sementara jalur mandiri disebut dengan Seleksi Secara Mandiri oleh PTN.

Pada pelaksanaan SNMPTN 2022, tahapan awal biasanya sudah dimulai sejak awal tahun. Sehingga siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan di PTN melalui jalur SNBP perlu bersiap-siap mulai dari sekarang.

Baca juga: KIP Kuliah Gratiskan Biaya Pendidikan Mahasiswa, Ini Pesan Kemendikbud

Sebelum melakukan persiapan, cermati terlebih dahulu perbedaan SNMPTN 2022 dengan SNBP 2023. Berikut sejumlah perubahan pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi 2023:

1. Siswa bisa lintas jurusan

Salah satu perubahan mendasar SNBP 2023 dibandingkan SNMPTN 2022 adalah pemilihan jurusan yang dipisahkan berdasarkan jurusan di pendidikan menengah. Sehingga pilihan program studi (prodi) dibatasi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+