Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Negeri Lhokseumawe Resmi Miliki 1 Guru Besar

Kompas.com - 17/11/2022, 06:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang terletak di Nanggroe Aceh Darussalam resmi memiliki satu guru besar (profesor). Guru besar itu bernama Teuku Rihayat.

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara ini dikukuhkan sebagai profesor melalui Surat Keputusan (SK) Mendikbud Ristek Nomor 65201/MPK.A/KP.07.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen pada awal Oktober 2022.

Baca juga: 6 Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia, Ada Alumnus ITB

"Selamat kepada Prof. Rihayat. Mudah-mudahan dengan adanya hal ini dapat menjadi motivasi dan pemicu untuk lahirnya profesor-profesor baru dari PNL," ucap Direktur PNL, Rizal Syahyadi dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Rizal menambahkan, dirinya akan terus mendukung karier para dosen di PNL, terutama dalam hal akademik, terlebih jika ingin menjadi seorang profesor.

"Intinya, kami tak menghambat dalam hal akademik, malah mendorong setiap dosen yang sudah punya kapasitas dan cukup syarat untuk segera mengurus jabatan akademik. Apalagi, untuk jenjang jabatan akademik profesor," jelas dia.

Pengukuhan Teuku Rihayat sebagai profesor yang tidak lain merupakan dosen Jurusan Teknik Kimia PNL tentu merupakan sebuah kabar yang membanggakan bagi civitas academica PNL.

Pasalnya, Prof. Rihayat menjadi profesor pertama di PNL.

Prof. Rihayat berharap agar rekan-rekan sejawatnya dapat termotivasi dan mengikuti jejaknya untuk menjadi profesor.

Dengan begitu, dapat mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi di lingkungan politeknik, guna melahirkan SDM yang unggul dan kompeten.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

"Mudah-mudahan rekan dosen yang lain di PNL bisa termotivasi dengan capaian ini, sehingga nama PNL sebagai kampus vokasi semakin terkemuka dan dikenal untuk melahirkan SDM unggul dan kompeten," kata dia.

Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di Lhokseumawe, Aceh.

PNL adalah salah satu politeknik negeri dari total 43 politeknik negeri yang ada di Indonesia. Sejarah berdirinya Politeknik Negeri Lhokseumawe tidak dapat dipisahkan dari peran Universitas Syiah Kuala (USK).

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Bahagia untuk Mahasiswa, Ada Incaranmu?

Awal berdiri, PNL memiliki 3 jurusan, yakni Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Kimia. Sampai dengan 2021, Politeknik Negeri Lhokseumawe memiliki 6 jurusan, dengan 13 Prodi Diploma III dan 11 Prodi Diploma IV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com