Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ristek: Guru SD Jadi Fondasi Nyata Pendidikan Indonesia

Kompas.com - 15/11/2022, 17:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rachmadi Widdiharto menyatakan guru sekolah dasar (SD) menjadi fondasi dalam mengerek kualitas pendidikan di Indonesia.

"Pendidikan dasar, seperti SD itu bisa jadi fondasi pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan untuk melanjutkan jenjang berikutnya," kata dia dilansir dari Antara, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Maka dari itu, dia berharap guru-guru SD dapat mengawal masa bermain anak sambil mulai mengenalkan keterampilan dasar literasi, numerasi, kecakapan hidup, serta membangun karakter yang baik.

Tak lupa, guru SD pun diharapkan bisa menerapkan pembelajaran self-directing learning (SDL), pembelajaran yang multi sumber, pembelajaran berbasis teknologi, hingga pembelajaran yang mampu membangun pola pikir yang berkembang.

Saat pembelajaran, guru SD juga harus mempertimbangkan setiap karakter siswa yang pada umumnya masih senang bermain, bernyanyi, bergerak, dan berkompetisi.

Untuk itu, guru harus adaptif, kreatif, sabar, penyayang, dan cerita.

Dengan begitu, bisa mengakomodasi tumbuh kembang anak dengan baik.

Guru SD pun, sambung dia, harus memahami kurikulum merdeka yang mengarah kepada proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Artinya, kata dia, para guru harus memiliki pemikiran terbuka dan mampu melihat berbagai macam perspektif.

Ketika itu dijalani, maka bisa mengintegrasikan berbagai mata pelajaran multidisiplin ke dalam sebuah topik atau tema.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

"Sekali lagi karena ini adalah pendidikan dasar, kita berharap ini benar-benar menjadi fondasi untuk pendidikan berkualitas pada jenjang-jenjang yang akan datang," kata Rachmadi.

Koordinator Kelompok Kerja Transformasi Pembelajaran Kemendikbud Ristek, Nita Isaeni menyebut, saat ini jumlah guru SD dan SMP ada sebanyak 1.827.116 orang.

Semua guru itu bisa menjadi sosok yang didambakan siswa, asalkan memberikan kesan baik.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2023, Ada 2 PTS

"Dari total 1.827.116 orang, ada sebanyak 1.233.750 guru SD. Dari total guru SD itu muncul beragam karakteristik. Selama karakteristik ini memberikan hasil yang baik, maka memberi pengaruh baik pula kepada sikap, perilaku, dan emosi siswa SD," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com