Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Persen Santri di Pondok Pesantren Ini Lolos Seleksi Masuk PTN 2022

Kompas.com - 07/09/2022, 14:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Semua santri Pesantren Mahasina Darul Qur'an wal Hadits, Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat yang mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2022 dinyatakan lulus.

Para santri diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia (UI), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Raden Mas Said Surakarta, dan UIN Bukittinggi.

Dari seluruh yang diterima di perguruan tinggi itu, lima di antaranya mendapatkan beasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag RI.

Baca juga: Beasiswa Indonesia Bangkit 2022 Dibuka, Kuliah Gratis S1-S3

Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan sejumlah beasiswa dari Kemendikbud dan Baznas. Atas capaian itu, Pengasuh Pesantren Mahasina, Nyai Badriyah Fayumi mengapresiasi para santri dan berharap keberhasilan ini menjadi wasilah bagi santri untuk memiliki masa depan yang lebih baik.

Selain di perguruan tinggi negeri, santri-santri Mahasina juga diterima di beberapa perguruan tinggi swasta. Di antaranya Universitas Indraprasta (Unindra) Jakarta, Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon, dan Universitas Darma Andalas Padang.

"Semoga semua alumni Mahasina menjadi putra putri yang saleh dan salehah, muslih dan muslihah, alim dan alimah, menjadi pecinta ilmu sepanjang hayat, dan dengan ilmu dan akhlaknya menjadi manusia yang berbakti kepada orang tua dan keluarga, bermanfaat bagi masyarakat, kemanusiaan, agama, bangsa dan negara," harapnya dalam keterangan tertulis Kementerian Agama.

Baca juga: Kemendikbud Ubah Aturan Seleksi SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri PTN 2023

Mendengar kabar tersebut, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghofur mengatakan, hal ini membuktikan bahwa lulusan Pesantren memiliki kualitas keilmuan yang tidak kalah dengan lulusan lembaga-lembaga lain.

"Alhamdulillah, ini sekali lagi membuktikan bahwa kualitas lulusan Pesantren tidak bisa dianggap remeh," tuturnya.

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berharap apa yang diraih santri-santri Pesantren Mahasina dapat dicontoh oleh santri-santri dari pesantren lain.

"Kabar menggembirakan ini semoga turut menginspirasi santri-santri dari pesantren lain untuk turut siap berkompetisi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," pungkasnya.

Baca juga: Kemenag Buka Beasiswa S1-S3 bagi Santri, Siswa, Guru hingga Dosen, Cek di Sini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com