Kompas.com - 29/07/2022, 06:00 WIB

 

KOMPAS.com - Banjir di Jakarta selalu menjadi masalah klasik setiap tahun bagi masyarakat Jakarta.

Seperti telah menjadi kebiasaan, banyak masyarakat Jakarta yang sudah hafal kapan dan daerah mana yang rawan tergenang banjir.

Banjir di Jakarta juga mendapat sorotan isu dipolarisasi oleh berbagai unsur, misal turunnya permukaan tanah di Jakarta, perubahan iklim sampai kurangnya perawatan pada infrastruktur penahan banjir yang sudah ada.

Untuk solusi banjir, sudah banyak metode dilakukan. Bahkan banyak akademisi Arsitektur di Indonesia yang ikut memberikan masukan dan kajian.

Misalnya, melalui jurnal ataupun karya tulis yang berkaitan langsung dengan topik ini juga telah berkali-kali dipublikasi dan dikaji.

Baca juga: 5 Inovasi Teknologi Karya Anak Bangsa, Kulkas Anti-freon hingga Lampu Abadi

Namun, kali ini ide brilian yang memberikan solusi terhadap banjir Jakarta datang dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dengan tajuk desain “Cilincing Flood Resilient Housing”, Muhammad Isa Tsaqif merealisasikan desain perumahan apung tahan banjir yang lengkap dengan segala fasilitasnya.

Isa, panggilan akrabnya, merupakan mahasiswa Arsitektur ITB yang kemarin baru saja merampungkan studinya.

Konsep yang ia tawarkan, tak luput dari pengalamannya sebagai warga Jakarta.
Isa kian menyadari ancaman yang menghantui wilayah metropolitan ini.

Apalagi, isu tenggelamnya Jakarta di tahun 2050, mendorongnya perlu mengambil langkah riil guna mencegah ataupun mengatasi krisis ini.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.