Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti ITB: Mahasiswa Teknik Dirgantara Didorong Ciptakan Inovasi Baru Masa Depan

Kompas.com - 23/07/2022, 05:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu karier yang menjanjikan ialah bekerja di industri dirgantara. Hanya saja, saat ini ketertarikan terbesar para generasi muda menjadi semakin beragam seiring berkembangnya teknologi.

Jadi, bagi industri dirgantara Indonesia menjadi tantangan tersendiri. Padahal, industri dirgantara merupakan salah satu sektor industri yang banyak melahirkan berbagai inovasi hebat dalam dunia keteknikan.

Terkait hal itu, Dosen dan Peneliti Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Yazdi Ibrahim Jenie, S.T., M.T., memberikan penjelasannya.

Baca juga: KPU Jateng Ajak Mahasiswa Unnes Sukseskan Pemilu 2024

Menurutnya, saat ini industri teknologi dirgantara masih menjadi hal yang sangat menarik untuk generasi muda saat ini, terutama untuk orang-orang yang dari awal sudah memiliki minat untuk menjadi insinyur.

Industri dirgantara cukup menjanjikan

Adapun salah satu daya tarik terbesar industri dirgantara bagi para generasi muda adalah berbagai inovasi yang dilahirkan oleh teknologi dirgantara internasional serta berbagai lapangan kerja yang menjanjikan di ranah dirgantara.

"Sudah banyak inovasi pada bidang teknologi dirgantara yang menjadi perhatian dunia, tak terkecuali para generasi muda," ujarnya dalam Forum Dialog Nusantara (FDN) edisi ke-9 yang diselenggarakan, Rabu (13/7/2022) seperti dikutip dari laman ITB.

Inovasi itu antara lain, mulai dari Pesawat Flying V ciptaan TU Delft, ecoDemonstrator yang merupakan hasil kerja sama NASA dan Boeing, serta konsep Pesawat Zero Emission dari Airbus.

Baca juga: Demi Tes di Unesa, Peserta Disabilitas dari Aceh Ini Naik Bus Berhari-hari

Bahkan dari dalam negeri, terkait lapangan kerja di PT Dirgantara Indonesia juga menjadi salah satu hal yang banyak menarik minat para generasi muda.

Sejatinya, inovasi yang telah tercipta pada industri dirgantara semuanya terlahir dan dimulai dari mimpi.

"Berbagai inovasi hebat pada bidang teknologi dirgantara tersebut juga masih banyak melahirkan berbagai mimpi besar dari para mahasiswa Teknik Dirgantara untuk menciptakan berbagai inovasi baru di masa depan," terang dia.

Karenanya, sebagai perguruan tinggi ITB berperan untuk membimbing dan memberi ilmu yang maksimal kepada para generasi muda untuk merealisasikannya.

Peminat cukup tinggi

Dalam diskusi dengan tajuk “Tantangan Kebangkitan Industri Dirgantara Indonesia”, Dr. Yazdi menjelaskan, bahwa kini jumlah mahasiswa Teknik Dirgantara di ITB juga semakin banyak, dapat mencapai 100 mahasiswa dalam satu angkatan.

Untuk memaksimalkan potensi generasi muda bagi kemajuan industri dan teknologi dirgantara diperlukan adanya berbagai strategi.

Seperti penciptaan roadmap serta program strategis untuk menghasilkan keberlanjutan dari generasi penerus teknologi dirgantara di Indonesia.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 6 Pilihan Kampus di Bogor

Agar melahirkan generasi penerus yang hebat, strategi yang dapat dilaksanakan adalah mengajak para mahasiswa untuk turut berkontribusi pada industri dan membuat program khusus untuk menarik perhatian mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com