Peneliti ITB: Mahasiswa Teknik Dirgantara Didorong Ciptakan Inovasi Baru Masa Depan

Kompas.com - 23/07/2022, 05:37 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu karier yang menjanjikan ialah bekerja di industri dirgantara. Hanya saja, saat ini ketertarikan terbesar para generasi muda menjadi semakin beragam seiring berkembangnya teknologi.

Jadi, bagi industri dirgantara Indonesia menjadi tantangan tersendiri. Padahal, industri dirgantara merupakan salah satu sektor industri yang banyak melahirkan berbagai inovasi hebat dalam dunia keteknikan.

Terkait hal itu, Dosen dan Peneliti Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Yazdi Ibrahim Jenie, S.T., M.T., memberikan penjelasannya.

Baca juga: KPU Jateng Ajak Mahasiswa Unnes Sukseskan Pemilu 2024

Menurutnya, saat ini industri teknologi dirgantara masih menjadi hal yang sangat menarik untuk generasi muda saat ini, terutama untuk orang-orang yang dari awal sudah memiliki minat untuk menjadi insinyur.

Industri dirgantara cukup menjanjikan

Adapun salah satu daya tarik terbesar industri dirgantara bagi para generasi muda adalah berbagai inovasi yang dilahirkan oleh teknologi dirgantara internasional serta berbagai lapangan kerja yang menjanjikan di ranah dirgantara.

"Sudah banyak inovasi pada bidang teknologi dirgantara yang menjadi perhatian dunia, tak terkecuali para generasi muda," ujarnya dalam Forum Dialog Nusantara (FDN) edisi ke-9 yang diselenggarakan, Rabu (13/7/2022) seperti dikutip dari laman ITB.

Inovasi itu antara lain, mulai dari Pesawat Flying V ciptaan TU Delft, ecoDemonstrator yang merupakan hasil kerja sama NASA dan Boeing, serta konsep Pesawat Zero Emission dari Airbus.

Baca juga: Demi Tes di Unesa, Peserta Disabilitas dari Aceh Ini Naik Bus Berhari-hari

Bahkan dari dalam negeri, terkait lapangan kerja di PT Dirgantara Indonesia juga menjadi salah satu hal yang banyak menarik minat para generasi muda.

Sejatinya, inovasi yang telah tercipta pada industri dirgantara semuanya terlahir dan dimulai dari mimpi.

"Berbagai inovasi hebat pada bidang teknologi dirgantara tersebut juga masih banyak melahirkan berbagai mimpi besar dari para mahasiswa Teknik Dirgantara untuk menciptakan berbagai inovasi baru di masa depan," terang dia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.