Kompas.com - 22/07/2022, 18:44 WIB
|

KOMPAS.com - Hanya demi mengejar pendidikan, salah satu calon mahasiswa ini rela naik bus berhari-hari dari Aceh ke Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Namun ternyata, peserta yang ikut tes di Unesa itu adalah peserta disabilitas. Ia menjadi salah satu dari 24 peserta disabilitas yang ikut tes wawancara khusus jalur mandiri Unesa.

Menurut Ketua Divisi Penerimaan Mahasiswa Baru, Satuan Admisi Unesa, Awang Dharmawan, S.Ikom., MA., jalur khusus disabilitas atau Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) disabilitas ini dilaksanakan dua tahap.

Baca juga: KPU Jateng Ajak Mahasiswa Unnes Sukseskan Pemilu 2024

Adapun tahap pertama yaitu tes tulis berbasis komputer yang dilaksanakan secara daring dan tahap kedua yaitu tes wawancara atau uji keterampilan.

Berdasarkan data, pendaftar jalur disabilitas ini mencapai 54 peserta dan yang lanjut ke tahap tes wawancara ada sekitar 24 peserta.

"Teman-teman peserta ini ternyata tidak hanya dari Surabaya, tetapi ada juga yang dari Balikpapan, Samarinda dan Aceh," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Kamis (21/7/2022).

Rela naik bus berhari-hari

Dikatakan, animo teman-teman disabilitas dari berbagai daerah untuk kuliah di Unesa cukup tinggi. Bahkan, ada peserta yang dari Aceh, rela menempuh perjalanan darat, naik bus selama empat hari tiga malam hanya untuk mengikuti seleksi di Unesa.

"Tentu teman-teman disabilitas ini kita minta ada pendampingnya masing-masing. Selain untuk memastikan keselamatan peserta juga sebagai penyemangat peserta di lokasi seleksi," paparnya.

Adapun jalur khusus ini merupakan komitmen Unesa dalam memberikan akses pendidikan tinggi kepada semua anak bangsa. Unesa sebagai rumah bersama untuk belajar dan mengembangkan diri yang nantinya mereka diharapkan bisa memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Unesa, Model Disabilitas yang Dirikan Sekolah Khusus Difabel

Salah satu pendamping peserta disabilitas, Puji Lestari menyampaikan apresiasinya untuk Unesa yang memberikan jalur khusus bagi disabilitas pada masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.