Kompas.com - 30/06/2022, 21:30 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kolaborasi transportasi umum antara PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan Gojek yang meluncurkan GoTransit dapat mendukung peningkatan penggunaan transportasi oleh masyarakat.

Kerja sama transportasi umum itu akan mengurangi polusi udara akibat kemacetan dari penggunaan kendaraan pribadi.

Baca juga: Peneliti UGM: Hentikan Konten Media Sosial yang Berujung Maut

Peneliti Pusat Kajian Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Muhammad Zudhy Irawan mengatakan, apa yang dilakukan oleh KCI dan Gojek sangat positif dalam mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

Menurut dia, apa yang dilakukan kedua perusahaan tersebut juga diterapkan di negara lain.

Di mana transportasi publik, seperti kereta bekerja sama dengan transportasi online dalam memudahkan pengguna dalam membeli tiket secara terintegrasi.

"Jika pengguna GoTransit semakin besar dan mulai banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum, kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta akan terus berkurang," kata dia dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022).

Kolaborasi tersebut, sebut Zuhdy, merupakan inisiatif berkelanjutan dalam menghadirkan transportasi pintar, yaitu integrated mobility. Di mana angkutan publik terkoneksi dan terintegrasi satu sama lain.

Dengan begitu menjadi bagian dalam mencapai net zero emission dari sektor transportasi.

Baca juga: Pakar ITB: Kolaborasi Sektor Transportasi Dibutuhkan Publik

Zudhy mengatakan, di kota-kota besar seperti Jakarta, ojek online seperti GoRide yang merupakan salah satu fitur dari Gojek, berfungsi sebagai first mile last mile.

Dalam fungsinya sebagai first mile last mile, keberadaan GoRide sangat dibutuhkan sebagai connecting atau penghubung yang memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan transportasi publik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.