Kompas.com - 30/06/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada tahun ini membuka program studi sarjana Sains Data atau Data Science pada jalur SPMB atau jalur mandiri 2022. Prodi baru tersebut digadang-gadang menjadi primadona dan lulusannya dicari-cari era digital.

Program Studi S1 Sains Data merupakan program studi baru yang berada di bawah koordinasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa.

Sains Data merupakan ilmu terapan yang mempelajari dan menganalisis data, termasuk data numerik baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur.

Dengan kata lain, Sains Data merupakan prodi yang mempelajari cara pengolahan dan interpretasi data.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

“Prodi ini nantinya menghasilkan lulusan sebagai data scientist, data analyst, data engineer, digital entrepreneur, asisten peneliti, dan pengembangan sains data yang kompeten yang berfondasi utama atas analitik data dengan dukungan skill kemampuan teknis. Sains Data digunakan di segala bidang dan sektor,” ujar lly Matul Imah, dosen Unesa dilansir dari laman Unesa.

Menurutnya, prodi ini di Luar negeri sudah sangat berkembang. Namun, di Indonesia masih terbatas.

Dia mengakui bahwa secara umum, hadirnya prodi ini karena kebutuhan sumber daya manusia terhadap data science yang semakin tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Sedangkan Sumber daya manusia dengan kompetensi ini masih sangat rendah.

Banyak perusahaan dan instansi pemerintahan yang sangat memerlukan SDM dengan kompetensi data science (sains data).

Menurut Elly, saat ini mereka yang hanya sekedar mengetahui IT dan programming sudah dianggap kurang atau tertinggal dengan kemajuan teknologi yang ada.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.