Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gowes Bareng, Para Mantan Koordinator Kopertis V Reunian di IST Akprind

Kompas.com - 23/05/2022, 15:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Para mantan koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY ikut gowes bareng, Minggu (22/5/2022). Tentu ini menjadi ajang reuni akbar sekaligus silaturahmi para mantan Koordinator Kopertis V.

Acara yang digelar di IST Akprind sebagai tuan rumah ini juga diikuti beberapa rektor Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta serta jajaran pejabat, rektor, dan sivitas akademika IST Akprind Yogyakarta.

Ketua Gowes, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., menyampaikan bahwa gowes kali ini terasa istimewa karena dapat mendatangkan sekitar 100 peserta.

Baca juga: Tim Robotika IST Akprind Wakili Indonesia Ikut World Expo Dubai 2020

Untuk rutenya ialah berangkat dari Kantor LLDikti V menuju STIA AAN, STIMARYO, STIE SBI, Amikom, Stikes Guna Bangsa, STIE YKPN, ITNY, UAJY, UKDW, Poltek LPP dan berakhir (finish) di IST Akprind.

Ajang Gowes Bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) V dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti V) ini juga dihadiri oleh peserta dari luar kota yang juga termasuk para mantan Koordinator Kopertis V.

Adapun para mantan Koordinator Kopertis V itu ialah Prof. Dr. Budi Santoso Wignyosukarto, Dip.HE., Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., Prof. Dr. Didi Ahjari, M.Com., Ak., CA., dan Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA.

Berharap memajukan pendidikan di Yogyakarta

Menurut Prof. Aris Junaidi, Ph.D. selaku Kepala LLDikti Wilayah V DIY, agenda Gowes Bersama dengan jarak tempuh 19 km ini menjadi kesempatan untuk mengunjungi kampus-kampus yang dilewati.

Prof. Aris menyampaikan kegiatan gowes bareng yang mempertemukan para rektor dan pejabat terkait ini diselenggarakan untuk menyatukan visi misi dalam memajukan dunia pendidikan khususnya di Yogyakarta.

Tentu termasuk bersinergi untuk menggaet mahasiswa baru berkuliah di Yogyakarta melalui Jogjaversitas.

Baca juga: Tim Kreasi Kopi IST Akprind Pikat Investor di KMI Expo 2021

Sementara Rektor IST Akprind Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., menyatakan gowes ini menjadi forum yang sangat kondusif untuk bersinergi dan berkolaborasi antar perguruan tinggi di Yogyakarta.

"Forum ini diperlukan karena kadang di situasi formal ada beberapa hal yang tidak bisa tersampaikan," ujar Edhy Sutanta dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/5/2022).

"Maka dengan adanya kegiatan seperti ini banyak hal yang tercetus," imbuh Edhy.

Ajang pererat tali silaturahmi

Ketua APTISI Wilayah V DIY Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. menyatakan kegiatan gowes ini memperluas jejaring di kalangan perguruan tinggi sekaligus mempererat tali silaturahmi.

"Saya sangat respek dengan gowes ini karena ajang olahraga ini bisa mempertemukan para tokoh pendidikan. Suatu kenyataan luar biasa ketika lima koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V bisa bergabung di gowes," tuturnya.

"Saya meyakini, guyupnya gowes adalah bagian dari proses menciptakan Jogja berhati nyaman," harap Fathul.

Edisi kelima kegiatan gowes bersama APTISI V dan LLDikti Wilayah V DIY ini berhasil memecahkan rekor sebagai edisi dengan partisipan terbanyak, yakni hampir 100 partisipan.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pihak yang antusias untuk mengikuti kegiatan yang rutin diselenggarakan dua bulan sekali ini.

Baca juga: Tim Mataram Proto IST Akprind Ikut Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Adapun para rektor yang ikut gowe bareng diantaranya Rektor IST Akprind, UII, UMY, UKDW, ITNY, UST, UWM, Unjani, STIMARYO, dan STIE YKPN.

Perlu diketahui, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) merupakan transformasi dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com