Kompas.com - 19/11/2021, 17:04 WIB
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021.

Kegiatan yang digelar di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 16-19 November 2021 ini diikuti sebanyak 24 tim dari 24 perguruan tinggi.

Menurut Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, kompetisi mobil hemat energi ini diharapkan nantinya bisa diaplikasikan dalam teknologi otomotif.

Baca juga: Bangun Kemandirian Energi, 24 Universitas Inovasi Mobil Hemat Energi di KMHE 2021

"Harapan ke depan akan ada database talenta dan akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa agar bisa melanjutkan ke S2 dan menjamin masa depan mereka," ujar Asep Sukmayadi dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (16/11/2021).

Adapun tujuan dari KMHE ini untuk memberikan wadah bagi mahasiswa teknik seluruh Indonesia agar mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat saat kuliah serta meningkatkan kreativitas, disiplin, serta kemampuan soft skill dan hard skill.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbud Ristek bekerja sama dengan tuan rumah perguruan tinggi.

IST Akprind ikut berlaga

Salah satu tim yang ikut KMHE 2021 adalah dari Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind Yogyakarta. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Akprind, Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., mengatakan pihaknya bangga dengan timnya karena bisa ikut KMHE 2021 ini.

"Kebetulan kampus kami ini fokus di pengembangan sains dan teknologi yang berwawasan lingkungan, dan ini salah satu yang sesuai dengan visi misi kegiatan KMHE yakni mengembangkan prototipe mobil yang irit, ramah lingkungan, dan hemat energi," terangnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/11/2021).

Baca juga: BRIN Gelar Ritech Expo 2021, Sajikan Produk Riset dan Inovasi Terbaik

Meski demikian, karena pandemi Covid-19 maka dari tiga tim yang ada di Akprind, hanya 1 tim yakni Mataram Proto yang ikut serta pada KMHE 2021. Hal itu dikarenakan banyak mahasiswa yang posisinya tidak berada di Yogyakarta.

"Tetapi karena pandemi ini, kita hanya bisa mempersiapkan satu mobil hemat energi di kelas prototipe diesel. Itu hanya satu tim dan tua tim lain tidak ada waktu untuk persiapan," sambungnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.