Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Robotika IST Akprind Wakili Indonesia Ikut "World Expo Dubai 2020"

Kompas.com - 28/12/2021, 19:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu tim robotika dari Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind Yogyakarta menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada even terbesar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kampus berbasis teknologi yang terletak di Yogyakarta dan unggul di bidang teknologi ini dipilih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI untuk ikut even terbesar yang diselenggarakan pada masa pandemi.

Adapun kegiatannya ialah World Expo 2020. Salah satu hal yang mendasari penunjukan Tim Robotika IST Akprind ini ialah prestasi yang telah diraih oleh tim Akprind.

Baca juga: Tim Mataram Proto IST Akprind Ikut Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Salah satunya sebagai penerima Special Award (ROHM Awards) pada Abu Robocon 2017, Tokyo.

Padukan produk IoT

Menurut Dosen Pembimbing, Beny Firman, S.T., M.Eng., ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk dapat menampilkan teknologi robot yang dikembangkan oleh anak muda Indonesia.

Tentu karena dengan memadukan produk Internet of Things (IoT) di kancah dunia internasional.

"Kami berterimakasih kepada Kominfo yang telah memberikan kepercayaan kepada tim Robotika IST Akprind untuk dapat tampil pada even terbesar ketiga di dunia ini," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/12/2021).

Adapun Tim Robotika IST Akrpind beranggotakan Muhammad Wahyu Walidi, S.T., Adis Maja Septian Permai, Nohan Ilham Mandala Singgih dengan intrepeter Puspita Wijayanti, S.Pd., M.Pd., yang bertugas pada 24-31 Desember 2021.

Rangkaian kegiatan World Expo 2020 sendiri diantaranya:

1. Kompetisi robot pelempar Frisbee dengan pengunjung.

2. Pertunjukan robot pengantar barang berbasis Internet of Things (IoT).

3. Kolaborasi bersama dengan Project You, yakni sebuah organisasi pemuda yang memerangi polarisasi dengan mendorong diskusi dan berbagai perspektif dari orang-orang di seluruh dunia dan siswa ASEAN.

4. Kompetisi robot pelempar anak panah yang melibatkan pengunjung untuk turut serta bermain dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dari Kominfo.

5. Selain kegiatan tersebut, ada juga workshop dengan tema robotik dan IoT.

Baca juga: Tim Kreasi Kopi IST Akprind Pikat Investor di KMI Expo 2021

Sementara Pita menyatakan bahwa acara World Expo 2020 sangat menarik. Bahkan mendapat dukungan dari Kementerian Kominfo.

"Acaranya seru banget, banyak yang datang. Mereka juga senang karena bisa ikutan mainin robotnya dan dapat hadiah," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com