Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2022, 16:47 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 11.312 calon mahasiswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai Selasa (17/5/2022).

Melalui laman resmi, Unpad mengimbau peserta untuk menaati beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan untuk bisa mengikuti ujian UTBK 2022 dengan lancar.

Koordinator Pelaksana UTBK Unpad, Inu Isnaeni Sidiq mengatakan bahwa peserta UTBK-SBMPTN Unpad wajib membawa persyaratan kelengkapan yang ditetapkan panitia.

Ia mengatakan, persyaratan yang wajib dibawa peserta antara lain kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2022, surat keterangan kelas XII atau keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022, ijazah yang sudah dilegalisasi bagi peserta lulusan 2020-2021, kartu identitas, hingga perlengkapan protokol kesehatan, yaitu hand sanitizer dan masker medis cadangan.

Baca juga: Besok UTBK SBMPTN 2022, Ini Dokumen Wajib Dibawa dan Dresscode

Sebelum pelaksanaan Ujian, Inu menjelaskan bahwa akan dilakukan skrining pada peserta terkait status vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Bagi peserta yang belum menerima vaksinasi dapat membawa hasil tes Rapid Antigen 1×24 jam maupun hasil tes PCR maksimal 2×24 jam.

Untuk itu, setiap peserta wajib terdaftar dan memiliki aplikasi PeduliLindungi yang terinstal di perangkat ponsel pintar yang dibawa saat ujian.

“Rata-rata jumlah peserta ujian yang hadir di Unpad setiap harinya adalah 1.235 orang. Jika dijumlahkan dengan panitia, kurang lebih berjumlah 1.516. Jadi kalau dilihat dari protokol kesehatan masih aman karna luas Unpad yang jauh lebih besar,” ujar Inu seperti dirangkum dari laman Unpad.

Berikut persiapan yang harus diperhatikan oleh peserta UTBK yang memilih lokasi ujian di Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor, melansir laman Unpad:

Baca juga: Ada Perubahan Waktu Ujian UTBK SBMPTN 2022, Cek Info Terbaru LTMPT

Dokumen/ perlengkapan yang harus dibawa

1. Terdaftar dan memiliki aplikasi PeduliLindungi (telah vaksin Covid-19 1 dan 2).

2. Kartu Tanda Peserta UTBK SBMPTN 2022 (print berwarna).

3. Bagi angkatan 2022: Surat Keterangan Kelas 12/ Surat Keterangan Lulus (asli) yang ditandatangani Kepala Sekolah serta berisi nama siswa, NISN, NPSN dan foto siswa terbaru (3 bulan terakhir).

4. Bagi lulusan 2020 dan 2021: ijazah/ legalisir ijazah.

5. Identitas diri seperti KTP/ SIM/ KK atau Kartu Pelajar.

6. Handsanitizer.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com