Kompas.com - 16/05/2022, 14:33 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum usai, saat ini masyarakat di dunia digemparkan dengan kemunculan hepatitis akut. Hepatitis ini tidak disebabkan oleh virus yang mengakibatkan hepatitis A/B/C/D/E.

Menurut epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Riris Andono Ahmad, MPH, Ph.D., penyebab hepatitis varian baru ini belum diketahui sampai sekarang.

Oleh karena itu, hepatitis baru ini masih disebut sebagai “unknown Hepatitis”. Karena sifatnya yang timbul secara mendadak dan cepat memburuk, maka hepatitis varian baru ini pun disebut juga dengan “hepatitis akut”.

Baca juga: Guru Besar UGM: Ini Penyebab Stunting dan Upaya Pencegahannya

Lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19, di tengah-tengah masyarakat, kemudian muncul informasi yang mengatakan bahwa hepatitis akut ini disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Tak ada hubungan dengan vaksin Covid-19

Karena itu, menyikapi informasi tersebut, dokter Riris mengatakan bahwa hepatitis yang belum diketahui penyebabnya baru-baru ini tidak berhubungan dengan vaksin Covid-19.

"Perlu kita pahami dan juga kita sebarkan kepada masyarakat bahwa hepatitis yang masih tidak diketahui penyebabnya ini bisa dikatakan tidak berhubungan dengan adanya vaksin Covid-19," ujarnya dikutip dari laman UGM, Senin (16/5/2022).

Dokter Riris tidak merasa aneh bahwa hipotesis yang menduga hepatitis akut disebabkan oleh vaksin Covid-19 bermunculan di masyarakat.

Sebab, dalam beberapa kasus unknown hepatitis di Eropa ditemukan adanya adenovirus.

Baca juga: Ini 3 Nama Calon Rektor UGM Terseleksi

Seperti diketahui satu atau dua vaksin Covid-19 dibuat menggunakan teknologi adenovirus sebagai vektor untuk menyebabkan munculnya kekebalan tubuh dari Covid-19.

Hanya saja, dari data pembanding yang ditemukan oleh dokter Riris dikatakan bahwa semua kasus unknown hepatitis yang dilaporkan di United Kingdom (UK) tidak pernah mendapatkan Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.