Kompas.com - 16/05/2022, 15:00 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, banyak diantara anak muda yang tidak tertarik dengan wayang. Apalagi untuk menjadi seorang dalang, pasti hanya beberapa saja yang berminat.

Untuk itulah dibutuhkan upaya agar kebudayaan ini tetap lestari di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Fakultas Bahasa dan Seni UNY menggelar Festival Dalang Cilik (FDC) 2022 pada Minggu-Kamis (15-19/5/2022) di Gedung Karawitan FBS UNY.

Baca juga: Adakah Hubungan Hepatitis Akut dan Vaksin Covid? Ini Penjelasan Dokter UGM

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud cinta UNY kepada generasi muda yang diharapkan dapat memberikan teladan bagi semuanya dalam memelihara budaya luhur milik bangsa.

Pengembangan ilmu dan budaya tradisi

Sementara Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti mengatakan kegiatan ini adalah bukti komitmen UNY dalam pengembangan ilmu dan budaya tradisi.

"Harapannya ke depan para dalang cilik ini akan berkiprah menjadi penerus dalang senior," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY.

Ketua Panitia Sukisno, M.Sn mengatakan bahwa Festival Dalang Cilik ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari 15 peserta usia SMP dan 15 peserta usia SD.

"Tujuannya untuk mendidik anak untuk mencintai kebudayaannya sendiri, khususnya wayang kulit," terang Sukisno.

Baca juga: Buruh Ini Tak Menyangka, Dua Putrinya Bisa Kuliah Gratis di UNY

Tanamkan nilai edukasi pada generasi muda

Selain itu juga untuk menanamkan nilai-nilai edukasi pada generasi muda, sekaligus menguasai unsur-unsur dalam pewayangan agar anak semakin cerdas dalam meniti tataran kedewasaannya menuju manusia yang berjiwa mulia.

Kegiatan ini adalah salah satu upaya UNY dalam sustainable development goals pada bidang pendidikan bermutu dan pelestarian warisan budaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.