Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2022, 16:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada tahun akademik 2022/2023, UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja) siap menerima 4.830 mahasiswa baru (maba). Ada tiga jalur yang dibuka pada PMB 2022 ini.

Yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 966 maba, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2.415 maba dan Seleksi Mandiri terbuka untuk 1.449 mahasiswa baru.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Jogja, Dr. Suharsono, MT., lulusan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan studi di kampus bela negara UPNVY harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Baca juga: UPN Jogja Buka Seleksi Mandiri, Ada Jalur Bela Negara

"Sebab, tingkat persaingan untuk menjadi calon mahasiswa baru di kampus yang didirikan oleh para Pejuang Veteran Kemerdekaan Republik Indonesia ini, dari tahun ke tahun semakin ketat," ujarnya dikutip dari laman UPN Jogja, Minggu (15/5/2022).

Karenanya, melihat tingginya animo lulusan sekolah menengah atas yang ingin studi lanjut di UPN Jogja, pihak kampus membuka jalur khusus yakni Seleksi Mandiri.

Untuk jalur Seleksi Mandiri masih dibagi lagi menjadi empat yakni:

1. penerimaan jalur prestasi

2. computer base test (CBT)

3. jalur nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

4. jalur bela negara

"Bagi calon mahasiswa baru diharapkan betul-betul memperhatikan tahapan-tahapan pendaftaran berikut alurnya yang dijelaskan secara detail dalam web www.pmb.upnyk.ac.id," ungkapnya.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa UPN Jogja, Awetkan Makanan Pakai Bahan Ini

Jika kamu ingin kuliah di UPN Jogja jalur Seleksi Mandiri jalur CBT, maka pendaftaran dibuka mulai 3 Mei hingga 16 Juni 2022.

Selanjutnya, ujian akan dilaksanakan selama 4 hari dari 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2022 di empat kota yaitu Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Purwokerto, dan Surakarta. Untuk hasilnya akan diumumkan pada 15 Juli 2022.

Sedangkan bagi yang ingin menempuh Seleksi Mandiri UPNVY melalui jalur prestasi harus menyiapkan sertifikat kejuaran yang sudah diraih dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), olah raga, seni, dan agama baik tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

Berikut ini tahapannya:

  1. Pendaftaran: 3-27 Mei 2022
  2. Pengisian data: 3-28 Mei 2022
  3. Pengumuman hasil seleksi portofolio: 4 Juni 2022
  4. Ujian praktik: 8-9 Juni 2022
  5. Pengumuman: 12 Juni 2022

Baca juga: Webinar UPN Jogja Kenalkan PR, Profesi Cerah Masa Depan

Sedangkan untuk Seleksi Mandiri jalur nilai UTBK dan jalur bela negara, juga akan diumumkan tahapannya.

"Calon maba diharapkan aktif memantau web pmb.upnyk.ac.id," tandas Dr. Suharsono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com