Mau Kuliah Luar Kota? Intip Dulu Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal

Kompas.com - 12/05/2022, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Bagi kamu pelajar maupun calon mahasiswa yang memiliki keinginan untuk kuliah di universitas yang berlokasi di luar kota tempat tinggal, selain komponen biaya kuliah, besarnya biaya hidup juga perlu menjadi pertimbangan.

Ada sejumlah hal yang mempengaruhi biaya hidup di sebuah kota, mulai dari jumlah penduduk, lapangan pekerjaan hingga gaya hidup penduduknya.

Sebagai pertimbangan memilih kota untuk kuliah atau bekerja, kamu bisa melihat daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal maupun termurah di Indonesia.

Merangkum artikel Kompas.com, Rabu (11/5/2022), Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daftar 10 kota termahal di Indonesia berdasarkan data pengeluaran per kapita selama satu tahun.

Baca juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa di Indonesia

Data pengeluaran per kapita dapat dilihat dari hasil survei biaya hidup yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Adapun, BPS melakukan survei biaya hidup (SBH) setiap lima tahun sekali berdasarkan perhitungan pengeluaran per kapita dan bukan berdasarkan tinggi rendahnya harga barang atau jasa.

1. Jakarta

Hasil SBH 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah sebesar Rp 4.446.770. Sementara total rata-rata pengeluaran rumah tangganya, sebesar Rp16.897.727.

2. Surabaya

Surabaya menempati posisi kedua sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Menilik hasil SBH 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Kota Pahlawan ini mencapai Rp 4.240.902. Sementara itu, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp 16.115.429.

3. Bekasi

Bekasi memiliki total rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp 4.119.168. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya mencapai Rp 16.888.582.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa S1-S3 2022, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

4. Depok

Berbatasan langsung dengan Jakarta, Depok menjadi kota termahal keempat berdasarkan SBH 2018. Total rata-rata pengeluaran per kapita Depok adalah sebesar Rp 3.424.560. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp 13.355.784.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.