Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar UMPTKIN 2022, Cek Alur Pendaftaran, Biaya dan Jadwalnya

Kompas.com - 27/04/2022, 10:01 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu penerimaan mahasiswa baru yang bisa dimanfaatkan siswa adalah jalur UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tahun 2022.

Pendaftaran UMPTKIN 2022 berlangsung mulai tanggal 25 April hingga berakhir pada 4 Juni 2022 mendatang.

Calon mahasiswa yang berencana mengikuti UMPTKIN 2022, bisa segera mendaftarkan diri secara online dengan mengakses website "um-ptkin.ac.id".

Pada UMPKIN 2022, ada 59 perguruan tinggi negeri Islam yang bisa dipilih para calon mahasiswa. Perlu diketahui bahwa saat mendaftar UMPTKIN 2022, calon peserta perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000.

Baca juga: Perusahaan Tambang BSS Buka Lowongan Kerja D3/S1 Fresh Graduate

Pada UMPTKIN 2022, tersedia total prodi yang ditawarkan sebanyak 1.266 dengan total kuota 75.663.

Alur pendaftaran UMPTKIN 2022

Sebelum mendaftar UMPTKIN 2022, ada baiknya calon peserta memahami dulu alur pendaftaran UMPTKIN 2022 hingga jadwal lengkapnya. Melansir dari laman resmi UMPTKIN 2022, Rabu (27/4/2022) berikut informasi alur pendaftaran dan jadwal lengkap pelaksanaan PTKIN 2022.

1. Calon peserta mendaftar Akun UM-PTKIN. Pilih Daftar NISN Bagi Calon Pendaftar yang memiliki NISN dan belum memiliki akun SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN. Pilih NISS Bagi Calon Pendaftar yang tidak memiliki NISN dan belum memiliki akun SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN. Username/NISN/NISS dan Password didapat setelah melakukan pendaftaran dan dikirim melalui email yang dicantumkan saat pendaftaran akun UM-PTKIN.

2. Pilih Login. Gunakan Username/NISN/NISS dan Password.

3. Mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), Informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.

Baca juga: Gunakan Kain Nusantara, Intip Inspirasi Baju Lebaran Karya Siswa SMK

4. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Melalui Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI dengan menunjukkan / memasukkan nomor SIP.
  • Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).

5. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

6. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan melakukan Login kembali menggunakan NISN/NISS dan Password untuk memilih kelompok ujian, program studi dan Panitia Lokal ujian hingga cetak kartu ujian.

7. Mengikuti ujian UM-PTKIN menggunakan Aplikasi SSE.

Baca juga: Talkshow ITB, Sandiaga Uno Ungkap Potensi Wisata Halal di Indonesia

Jadwal pelaksanaan UMPTKIN 2022

1. Pendaftaran/Pembayaran: 25 April - 4 Juni 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com