Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2022, 09:57 WIB

KOMPAS.com - Menurut data Badan Pusat Statistik 2021, sebanyak 64,5 persen dari total usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia dikelola oleh perempuan.

Namun, perempuan pelaku usaha kerap mengalami kendala dalam mengelola dan menumbuhkan usahanya dibandingkan laki-laki.

Bahkan, menurut penelitian Cherie Blair Foundation for Women yang dilakukan di 42 negara, 70 persen perempuan mengatakan bahwa stereotip gender berdampak negatif pada usaha mereka.

Turut memperjuangkan hal ini, Meta melalui SheMeansBusiness, YCAB Foundation bersama Rahasia Gadis meluncurkan program pelatihan Karya Perempuan 2.0.

Baca juga: Belajar Bahasa Korea Gratis dari Korea Foundation, Tunjangan Rp 12,6 Juta

Program ini hadir sebagai lanjutan dari kesuksesan pendahulunya, yang telah berhasil menjangkau lebih dari 500 perempuan pelaku usaha di 15 Provinsi.

Program Karya Perempuan 2.0 hadir dengan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan yang berdampak bagi perempuan pelaku usaha.

Di antaranya, pelatihan Training of Trainers, kewirausahaan, literasi keuangan pemasaran digital, dan pendampingan usaha Semangat program Karya Perempuan juga sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 yang mengangkat kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Karya Perempuan telah menjadi wadah bagi para perempuan pelaku usaha untuk saling berinteraksi, berjejaring, dan berkolaborasi untuk meningkatkan keahliannya dalam mengelola usaha.

Targetkan 3.000 perempuan untuk jadi pengusaha tangguh

Tahun ini, Karya Perempuan 2.0 memiliki dua fokus utama, yakni memberdayakan perempuan pelaku usaha dan menjangkau perempuan muda dengan menggandeng komunitas Rahasia Gadis.

Baca juga: 11 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Tambah Uang Saku hingga Pengalaman

Dari kolaborasi ini, ditargetkan memberdayakan 2.000 perempuan pelaku usaha dan 1.000 calon perempuan muda pelaku usaha, sehingga bisa menjadi pengusaha yang tangguh dan mematahkan bias perempuan pada lingkup usaha.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+