Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlanjut, Seleksi Guru PPPK Butuh 970.410 Formasi di 2022

Kompas.com - 31/03/2022, 13:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 106 pemerintah daerah (Pemda) telah menyelesaikan Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru tahap I yang diseleksi tahun 2021.

Jumlah ini tercatat sampai 23 Maret 2022 dan diperkirakan akan terus bertambah dalam beberapa waktu ke depan. Ratusan pemda itu tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia.

Baca juga: KIP Kuliah UTBK-SBMPTN 2022 Masih Dibuka, Kuliah Gratis di PTN dan PTS

Penyelesaian nomor induk pegawai merupakan salah satu tahapan dari rangkaian program rekrutmen satu juta guru PPPK tahun 2021.

Data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mencatat sebanyak 293.860 guru telah dinyatakan lulus seleksi dan memperoleh formasi sehingga berhak memperoleh nomor induk.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek, Iwan Syahril mengapresiasi partisipasi aktif dari seluruh pemda yang konsisten mengajukan kuota guru PPPK setiap tahun.

Menurut Iwan, partisipasi aktif tersebut menunjukkan komitmen dari para pemda yang ingin meningkatkan mutu pendidikan melalui perbaikan kualitas tenaga pendidik.

Guru-guru honorer yang memiliki kompetensi didukung untuk mengikuti seleksi guru PPPK.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari seluruh pemerintah daerah untuk pengangkatan dan pembagian SK kepada guru - guru di daerah seluruh Indonesia. Kami percaya para guru yang telah menjadi ASN PPPK akan membawa perubahan signifikan dalam kualitas pendidikan di daerah tempat mereka bertugas," ucap Iwan dalam keterangan resminya, Kamis (31/3/2022).

Iwan menjelaskan, seleksi guru PPPK akan dilanjutkan di tahun ini dengan total kebutuhan 970.410 formasi.

Baca juga: Siswa Lolos SNMPTN 2022, Kemendikbud Ristek: Tolong Jangan Sia-siakan

"Dengan manfaat yang diperoleh, kami berharap para guru honorer lainnya dapat berpartisipasi dalam seleksi ini. Kami ingin kesejahteraan dan kualitas para tenaga pendidik di Indonesia ke depan semakin membaik," jelas Iwan.

Pemda antusias ajukan kuota guru PPPK

Kepala Dinas Pendidikan Jember, Jawa Timur, Sukowinarno menjelaskan setiap tahun seleksi Aparatur Sipil Negara PPPK disambut antusias para guru honorer.

Pemerintah Kabupaten Jember juga konsisten mengajukan kuota agar para guru dapat mengikuti seleksi.

"Dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat. Ini menyangkut program 1 juta guru di seluruh Indonesia dari Kemendikbud Ristek," tutur dia

Menurut Sukowinarno, saat ini Jember mengalami kekurangan guru.

Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan mengusulkan penambahan jumlah guru sebanyak 3.671 orang pada 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com