Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos SNMPTN 2022 di ITS, Perhatikan Laman Ini untuk Daftar Ulang

Kompas.com - 30/03/2022, 07:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.189 peserta dinyatakan lolos lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS, Unggul Wasiwitono menjelaskan, kuota 1.189 kursi yang tersedia di ITS diperebutkan oleh 12.120 peserta.

Baca juga: 15 PTN Penerima Peserta Terbanyak di SNMPTN 2022, UB Nomor 1

Dari total kursi yang diterima lewat SNMPTN 2022, kata dia, tersebar ke berbagai departemen yang ada di ITS.

"Angka penerimaan ini merupakan 20 persen dari total kuota mahasiswa baru ITS tahun 2022," ungkap dia melansir laman ITS, Selasa (29/3/2022).

Meski kuota yang tersedia tidak berubah dari tahun 2021, dia menyebut jumlah peminat SNMPTN 2022 mengalami peningkatan sebanyak 12 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah calon mahasiswa yang diterima melingkupi mahasiswa pemilik KIP Kuliah Merdeka sebanyak 28,34 persen dan calon mahasiswa reguler sebanyak 71,66 persen.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini menguraikan, sebaran peminat SNMPTN di ITS masih didominasi murid SMA dari Provinsi Jawa Timur, yaitu sebanyak 839 pendaftar.

Adapun Departemen Teknik Informatika masih menduduki peringkat pertama peminat terbanyak di ITS, yaitu sebesar 1.482 peminat.

Lalu disusul Departemen Sistem Informasi sebanyak 825 peminat, serta Teknik Sistem dan Industri sebanyak 641 peminat.

Baca juga: 10 Provinsi Paling Banyak Pendaftar dan Diterima di SNMPTN 2022

Dia menjelaskan, Departemen Teknik Mesin juga tidak mengganti kebijakan dari tahun sebelumnya, yaitu memprioritaskan pendaftar perempuan pada jalur SNMPTN.

Yang berbeda pada tahun ini, sambung dia, ITS memberikan kuota SNMPTN melalui sistem golden ticket.

"Departemen Desain Produk Industri (Despro) sudah memberikan golden ticket bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang seni dan desain," tutur dia.

Unggul menambahkan, penilaian SNMPTN 2022 ITS juga didasari oleh jumlah siswa pada satu sekolah yang mendaftar ke ITS.

"Semakin banyak yang mendaftar dari sekolah tersebut, indeks sekolahnya akan naik dan kuota untuk sekolah tersebut juga akan naik," jelas dia.

Siswa yang lolos SNMPTN 2022 di ITS segera daftar ulang

Namun, Unggul berpesan calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN 2022 dapat bertanggung jawab dan melakukan daftar ulang.

Hal ini karena LTMPT menerapkan kebijakan baru berupa larangan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang di penerimaan SNMPTN.

Oleh karena itu, dia menegaskan kepada calon mahasiswa ITS yang lolos melalui jalur SNMPTN 2022 segera memperhatikan timeline pengumuman daftar ulang di laman https://www.its.ac.id/admission/.

Baca juga: Sosok Sheinna, Lulusan Terbaik ITS dengan IPK 3,99

"Saya mengucapkan selamat dan harapan maju bersama kepada calon mahasiswa baru yang berhak menjadi bagian dari keluarga besar ITS," tutup Unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com