Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa PKBM dan Paket C Tidak Boleh Ikut SNMPTN, Ini Kata LTMPT

Kompas.com - 29/03/2022, 18:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Mochammad Ashari mengatakan, siswa PKBM atau Paket C tidak diizinkan untuk ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Namun demikian, siswa PKBM dan Paket C masih bisa ikut UTBK SBMPTN 2022 dan jalur mandiri 2022.

Baca juga: 15 PTN Penerima Peserta Terbanyak di SNMPTN 2022, UB Nomor 1

Di tahun lalu, kata dia, siswa PKBM dan Paket C masih dibolehkan untuk ikut SNMPTN.

Bahkan, ada 144 siswa PKBM dan Paket C yang lolos dari undangan SNMPTN.

"Namun di SNMPTN tahun ini jumlah yang diterima nihil. Hal ini pun menjadi pertanyaan," ucap dia saat mengumumkan SNMPTN 2022, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Dia menyebut, alasan siswa PKBM dan Paket C tidak diizinkan ikut SNMPTN, karena jalur undangan ini benar-benar menyeleksi siswa berdasarkan prestasi akademik lewat nilai rapor dan prestasi non akademik.

"Itu artinya, hanya siswa-siswa yang memiliki prestasi setara yang ikut dan diundang di sini, diseleksi. Untuk fairness-nya, maka sesama sekolah harus terstandar. Jadi yang ikut di sini, yang sistem pembelajarannya setara modelnya," tegas dia.

Direktur Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto menambahkan, meski tidak diizinkan ikut SNMPTN, tapi tidak untuk jalur UTBK SBMPTN 2022 dan jalur mandiri.

Baca juga: Ini Daftar 20 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak di SNMPTN 2022

"Di jalur UTBK SBMPTN dan jalur mandiri tidak masalah. Kami sudah koordinasi dan rapat dengan PKBM dan direktur pendidikan luar biasa, kenapa PKBM dan paket C tidak diizinkan, karena sekolah-sekolah reguler banyak yang protes," terang dia.

Prof. Ashari menambahkan, ada sebanyak 120.463 siswa yang diterima di SNMPTN 2022.

Total siswa eligible ada sebanyak 847.069 orang.

Sedangkan siswa yang melakukan finalisasi SNMPTN 2022 ada sebanyak 612.049 orang.

"Dari total peserta yang diterima di PTN, ada 10 provinsi yang siswanya paling banyak diterima di PTN," ucap Prof. Ashari.

Baca juga: 10 Provinsi Paling Banyak Pendaftar dan Diterima di SNMPTN 2022

Dari 10 provinsi yang siswanya paling banyak diterima di PTN, sebut dia, Provinsi Jawa Barat (Jabar) menduduki peringkat pertama di SNMPTN 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com