Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2022, 11:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 hari ini, Selasa (29/3/2022) pukul 15.00 WIB melalui laman resmi LTMPT dan 31 laman mirror.

Dalam Konferensi Pers Pengumuman SNMPTN 2022, Ketua LTMPT, Mochamad Ashari mengatakan sebanyak 120.643 siswa dinyatakan lolos SNMPTN 2022 dari 612.049 pendaftar.

Dari 120.643 siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN 2022, sebanyak 109.276 di terima pada Pilihan 1 dan 11.367 diterima di prodi Pilihan 2.

Baca juga: 20 Prodi dengan Persaingan Terketat di SNMPTN 2022, Ada Pilihanmu?

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek), Nizam mengucapkan selamat untuk anak-anak yang telah di terima di jalur SNMPTN 2022.

Menurutnya, persaingan jalur SNMPTN 2022 cukup ketat, sehingga siswa harus menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

"Rata-rata keketatan satu banding lima, jadi 1 siswa harus menyisihkan 5 temannya, sehingga jangan sia-siakan pengorbanan teman-teman yang lain," sarannya.

Bagi yang belum diterima di jalur SNMPTN 2022, lanjut dia, masih terbuka lebar untuk seleksi SBMPTN serta Jalur Mandiri. Termasuk pilihan PTS dengan kualitas yang sangat baik.

Segera verifikasi

Bagi siswa yang telah lolos SNMPTN 2022, Ashari menegaskan bahwa lolos SNMPTN 2022 belum berarti lolos PTN tujuan. Ada sejumlah langkah yang perlu siswa lakukan.

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah UI dengan Tingkat Persaingan Rendah di SBMPTN

Dijelaskan, status penerimaan sebagai mahasiswa baru akan ditetapkan setelah PTN tujuan melakukan verifikasi data akademik (rapor dan/atau portofolio).

Sehingga, peserta perlu membaca peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru dan daftar ulang di laman PTN tujuan.

"Jangan sampai terlena, lupa, ikuti pengumumannya, harus lakukan verifikasi, ikuti tanggalnya sesuai PTN masing-masing. Jangan lupa registrasi ini, karena jika tidak registrasi ada konsekuensi yang cukup berat bagi adik-adik karena tidak bisa mengikuti UTBK secara sistem," kata Ashari mengingatkan.

Bagi peserta KIP Kuliah, PTN tujuan juga dapat melakukan verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke tempat tinggal siswa sebelum menetapkan status penerimaan.

Bila tak melakukan verifikasi, maka siswa yang lolos SNMPTN 2022 tidak terdaftar di PTN tujuan. Selain itu, bila tidak melanjutkan daftar ulang SNMPTN 2022, siswa juga tidak bisa mengikuti UTBK SBMPTN maupun jalur Mandiri PTN.

Baca juga: Jurusan S1 Sepi Peminat di SBMPTN UI, UGM, ITB 2021

Cara melihat pengumuman SNMPTN 2022

Untuk melihat hasil SNMPTN 2022, calon mahasiswa harus lebih dulu login di laman utama maupun laman mirror. Pasalnya, hasil SNMPTN 2022 bersifat pribadi sehingga hanya peserta yang bisa melihat hasilnya.

Berikut cara melihat hasil SNMPTN 2022:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com