Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tokoh Ini Terima Gelar Anggota Kehormatan Iluni UI

Kompas.com - 18/03/2022, 09:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) memberikan gelar Anggota Kehormatan Iluni UI kepada empat orang tokoh nasional pada Kamis, 17 Maret 2022 di Jakarta.

Mereka yang memperoleh gelar Anggota Kehormatan Iluni UI yaitu:

  • Menteri BUMN Erick Thohir
  • Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Saleh Husin
  • Guru Besar FKM UI Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito
  • Komisaris Utama Bluebird Noni Sri Ayati Purnomo

“Gelar Anggota Kehormatan Iluni UI adalah bentuk apresiasi kepada para tokoh yang selama ini sudah berjasa pada berbagai kegiatan sebagai bagian dari Hasil Temu Iluni,” jelas Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com.

Andre juga menjelaskan, pemberian penghargaan ini sejalan dengan Anggaran Dasar Iluni UI dan merupakan bentuk apresiasi kepada para tokoh tersebut atas kontribusi yang telah diberikan kepada UI dan Iluni UI.

Andre berharap, pemberian gelar Anggota Kehormatan Iluni UI akan mempererat silaturahmi dengan para tokoh, sekaligus memberikan manfaat lebih besar bagi sivitas akademika UI dan alumni UI, terutama di tengah situasi pandemi dari ancaman polarisasi.

Selain itu, diharapkan penganugerahan ini akan berdampak pada kemajuan bangsa dan negara melalui visi kohesi kebangsaan yang diinisiasi Iluni UI.

“Diharapkan kehadiran para tokoh sebagai Anggota Kehormatan ILUNI UI membawa kontribusi untuk mendorong persatuan antara elemen bangsa, serta berkontribusi untuk Indonesia bangkit setelah pandemi. Iluni UI siap berkolaborasi dengan berbagai pihak ke depannya,” tegas Andre.

Baca juga: UGM, Pencetak Tokoh Nasional yang Terus Asah Kompetensi Lulusan lewat Kampus Merdeka

Kontribusi nasional dan sivitas akademika

Dinyatakan Andre, keempat tokoh ini telah memberikan kontribusi besar bagi sivitas akademika UI, alumni UI, dan masyarakat sesuai peranan dan bidangnya masing-masing.

Saleh Husin sebagai Ketua MWA UI dinilai mampu menjembatani UI, Iluni UI, dan pihak eksternal, serta memberikan solusi dalam setiap audiensi yang diinisiasi oleh UI maupun Iluni UI.

Erick Thohir sebagai Menteri BUMN pun berjasa besar, salah satunya melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian BUMN dan UI yang meliputi kerja sama penelitian, serta hilirisasi temuan atau inovasi potensial guna mendukung kinerja BUMN.

Selain Erick, Noni Purnomo juga merupakan sosok Anggota Kehormatan Iluni UI yang dinilai telah memberikan inspirasi melalui kepemimpinan dan dukungannya terhadap pembangunan sarana di beberapa fakultas di UI, juga dukungan pada kegiatan-kegiatan Iluni UI.

Selanjutnya, kontribusi kepada UI dan masyarakat juga ditunjukkan oleh peranan Prof. Wiku sebagai juru bicara Satgas Covid-19 yang membantu dalam memberantas hoaks terkait Covid-19 di tengah masyarakat.

Dalam pidatonya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan apresiasi atas kesempatan sebagai Anggota Kehormatan Iluni UI. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada dukungan Rektor UI yang terus berkolaborasi dengan lluni UI.

Dalam kesempatan itu, Erick juga mengingatkan pentingnya linked and match dalam dunia pendidikan dan dunia pekerjaan.

Dengan berbagai disrupsi mulai dari kesehatan, digitalisasi, hingga disrupsi rantai pasok global, serta besarnya jumlah penduduk Gen-Z, Erick menilai akan menciptakan disrupsi lapangan pekerjaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com