Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar SPAN PTKIN 2022, Ini Syarat dan Cara Daftar

Kompas.com - 10/03/2022, 10:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kamu berminat mendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2022, seleksi ini akan ditutup pada 31 Maret 2022. Sedangkan pengumuman hasil seleksinya akan digelar pada 15 April 2022 mendatang.

Dilansir dari laman span-ptkin.ac.id, seleksi SPAN-PTKIN 2022 merupakan seleksi nasional seluruh perguruan tinggi Islam dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

Baca juga: Tahap Seleksi IPDN 2022 Kampus Milik Kemendagri, Lulusan Jadi CPNS

Jika kamu mendaftar, peserta pendaftar SPAN-PTKIN 2022 tidak dipungut biaya pendaftaran.

SPAN PTKIN diikuti secara nasional oleh 59 perguruan tinggi dengan memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

SPAN PTKIN dapat diikuti siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Ketentuan umum

1. SPAN PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

2. Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Baca juga: Lulusan 7 PTN Ini Cepat Dapat Kerja Versi QS 2022, Referensi SBMPTN

3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah masing-masing.

Persyaratan pelamar SPAN PTKIN

1. Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2022.

2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. 3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

3. Memiliki nilai rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1 yang telah diisikan di PDSS.

Program Studi dan Jumlah Pilihan

1. Siswa pelamar memilih 2 PTKIN yang diminati.

2. Siswa pelamar memilih 2 program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.

3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

4. Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN. Nantinya, peserta dapat mengecek kelulusan pada web https://pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com