Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Siswa SMP/SMA Bidang STEM, Kesempatan ke Luar Negeri

Kompas.com - 27/02/2022, 08:37 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelajar SMP dan SMA yang tertarik bidang Science, Technology, Engineering, Mathematics atau STEM dan ingin mengasah skill di bidang ini ada tawaran menarik buatmu.

AFS Global STEM Academies menawarkan beasiswa belajar bidang STEM melalui pembelajaran digital dan tatap muka bersama para pelajar dari 14 negara di seluruh dunia.

Baca juga: 6 Cara Membuat CV untuk Beasiswa yang Baik

Seluruh peserta, akan melaksanakan e-learning virtual 12 minggu. Setelah menyelesaikan kurikulum secara virtual, para peserta akan melakukan perjalanan selama 4 minggu ke salah satu dari lima tujuan akademi:

  • Brasil
  • Mesir
  • India
  • AS
  • Belgia
  • Inggris

Dilansir dari laman afs.org, dalam program akademi AFS Global STEM, selain mengasah keterampilan STEM, siswa diajak memahami pemahaman antarbudaya untuk keberlanjutan global, serta pendalaman budaya lokal.

Baca juga: Beasiswa S2 Luar Negeri Kominfo 2022 Dibuka, lni Jadwal dan Syarat

Para peserta juga ikut berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat dan memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana perusahaan dan organisasi menggunakan keterampilan STEM dalam praktiknya untuk mengatasi tantangan industri dan masyarakat, khususnya seputar keberlanjutan.

Cakupan beasiswa

  • Biaya selama program berlangsung
  • Tiket pesawat dari negara asal ke negara tujuan dan transportasi domestik
  • Asuransi kesehatan
  • Asrama sekolah dan/atau bertempat tinggal di keluarga angkat yang telah ditentukan oleh partner AFS
  • Makanan
  • Pendampingan pendaftaran visa
  • Dukungan darurat selama 24 jam
  • Karyawisata ke beberapa tempat selama durasi program
  • Bantuan selama durasi program dan proses visa
  • Sertifikat saat menyelesaikan program

Persyaratan umum

1. Merupakan warga negara yang memenuhi syarat (termasuk Indonesia).

2. Merupakan pelajar SMP/Sederajat dan SMA/SMK/Sederajat (dibuka untuk semua jurusan) dengan tanggal lahir antara 1 September 2004 sampai 1 April 2007.

3. Bersedia berpartisipasi penuh dalam kelas selama program berlangsung.

4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, karena peserta harus berpartisipasi dalam kelas online maupun offline yang dilakukan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

5. Peserta menyanggupi melakukan perjalanan internasional selama 4 minggu penuh ke salah satu negara tujuan program, yaitu Brazil, India, Mesir, Inggris dan Belgia, atau Amerika Serikat.

6. Peserta menunjukkan minat pada bidang sustainability, STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), kompetensi global, serta tertarik untuk berinteraksi dengan rekan-rekan internasional yang beragam dan menjelahi budaya baru.

Baca juga: Siswa, Kenali 5 Kerajaan di Indonesia yang Masih Berdiri Kokoh

7. Peserta harus mempunyai paspor yang masih berlaku. Bagi yang belum mempunyai paspor tetap bisa mendaftar, tetapi jika dinyatakan lolos sebagai finalis, peserta harus segera membuat paspor.

8. Pendaftaran dibuka bagi siapapun dari semua latar belakang dan kalangan, terutama siswa perempuan dan peserta yang membutuhkan dukungan finansial untuk mengikuti program (peserta laki-laki juga tetap bisa mendaftar).

9. Tidak ada batas minimum nilai rapor.

10. Seluruh dokumen yang diminta harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Inggris (termasuk rapor juga harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Nilai yang digunakan adalah nilai Pengetahuan saja).

Batas waktu pendaftaran

4 Maret 2022

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa bidang STEM, bisa mengunjungi laman https://afs.org/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com