Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Eksplorasi Pengetahuan Tanpa Batas, SMAN Banua Gelar "Scuba 4.0"

Kompas.com - 09/02/2022, 19:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dua tahun melewati masa pandemi tidak menyurutkan semangat siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk terus berinovasi, salah satunya lewat kegiatan Sains and Culture Banua Expo atau Scuba yang tahun ini memasuki penyelenggaraan keempat.

Tahun ini, Scuba 4.0 mengangkat tema “Exploration of Limitless Knowledge in Science and Culture”.

Tema ini dipilih dengan harapan agar Scuba tahun ini membawa setiap orang yang terlibat untuk menemukan jawaban dalam masalah kehidupan sehari-hari, melalui eksplorasi yang mendalam dan tak terbatas pada bidang keilmuan serta kebudayaan.

Melalui rilis resmi (9/2/2022), Plt. Kepala Sekolah SMAN Banua Kalsel Risa menyampaikan, eksplorasi tanpa batas ini diharapkan dapat menciptakan jawaban-jawaban yang lebih solutif dan efektif terhadap hambatan yang ada saat ini. 

Selain itu diharapkan kegiatan ini juga akan mampu menggali budaya lebih dalam dengan harapan dapat menumbuhkan rasa cinta dan keinginan untuk terus melestarikan budaya tersebut.

“Semoga kegiatan berjalan lancar dan antusiasme peserta meningkat dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mewadahi kreativitas siswa dalam berbagai bidang," ungkap Risa.

"Mudah-mudahan di kegiatan Scuba berikutnya (Scuba 5.0) bisa dilaksanakan secara offline seiring dengan membaiknya kondisi,” harap Risa.

Aneka program

Lebih jauh Risa menjelaskan, dalam kegiatan yang memantik lahirnya siswa yang berjiwa eksploratif akan ilmu pengetahuan dan budaya, hadir berbagai program yang baru dan juga berbeda dibandingkan Scuba tahun sebelumnya.

Adapun program-program tersebut di antaranya:

Baca juga: Ican Gelar Pameran Pendidikan Internasional 2022, Calon Mahasiswa Yuk Daftar

  • Scuba Case Study: ajang lomba bagi siswa di Kalimantan untuk memecahkan masalah dan menawarkan solusi dalam bentuk esai.
  • Lensa Budaya: ajang kreativitas siswa SMA di Kalimantan untuk menghadirkan kekayaan budaya dalam bentuk fotografi.
  • E-campus Festival: kegiatan pengenalan informasi perguruan tinggi dari mahasiswa disertai talkshow yang diisi dengan pembicara menarik.
  • Scuba Art Festival: lomba yang mendorong peserta menunjukkan bakat bidang budaya melalui format video.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com