Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah S1 di Australia 2022? Ada Beasiswa Senilai Rp 488 Juta

Kompas.com - 05/02/2022, 10:03 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Australia menjadi salah satu negara favorit tujuan studi pelajar Indonesia. Setiap tahun, pemerintah Australia maupun universitas di sana rutin membuka kesempatan beasiswa.

Kali ini, beasiswa untuk melanjutkan studi jenjang S1 dan S2 ditawarkan oleh The University of Western Australia (UWA).

The University of Western Australia merupakan universitas tertua yang ada di negara bagian Western Australia. Didirikan pada tahun 1911 oleh Parlemen Western Australia dan juga merupakan universitas pertama yang mempromosikan pendidikan yang rata bagi semua kelas di masyarakat Australia.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Pada tahun ini, The University of Western Australia meraih peringkat 7 di Australia dan 93 dunia menurut QS World University Rankings 2022 serta termasuk dalam salah satu anggota Group of Eight (Go8), yaitu perkumpulan 8 universitas peringkat atas di Australia yang sangat berfokus pada penelitian.

Meskipun reputasi UWA sangat terkenal sebagai salah satu universitas dengan hasil penelitian terbesar, metode pembelajarannya juga menyesuaikan dengan zaman kini yang membutuhkan banyak praktek ketika berkuliah seperti program internship, work placement, ataupun berbagai macam aktivitas dan organisasi untuk mempersiapkan mahasiswanya masuk ke dunia kerja.

Karena itulah lulusan dari The University of Western Australia menempati peringkat 1 di Australia sebagai lulusan yang paling banyak dicari serta terkenal aktif dalam acara dan kegiatan kampus.

Beberapa program jurusan yang menjadi unggulan di The University of Western Australia antara lain Agricultural and Forestry, Anatomy and Physiology, Civil and Structural Engineering, Earth and Marine Sciences, Mineral and Mining Engineering, Health Sciences dan lainnya.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Berlokasi di Perth termasuk kota kelima terbesar di Australia dan masih menjadi destinasi belajar favorit bagi sebagian besar pelajar di Indonesia karena pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat dan biaya hidupnya yang terjangkau.

Dari Jakarta, kota Perth jaraknya tidak jauh, hanya dalam 4.5 jam penerbangan dan memiliki perbedaan waktu 1 jam lebih cepat.

Lebih menariknya lagi, mahasiswa internasional yang kuliah di kota Perth mendapatkan kesempatan untuk tinggal dan bekerja di sana hingga 3 tahun setelah lulus melalui Post Study Work Visa.

Cakupan beasiswa

The University of Western Australia menawarkan program beasiswa untuk pelajar internasional yaitu Global Excellence Scholarship berupa:

  • Potongan uang kuliah hingga AUD 36,000 sampai AUD 48,000 (atau sekitar Rp 488 juta) untuk durasi studi S1 selama 3-4 tahun.
  • Potongan uang kuliah hingga AUD 24,000 (atau sekitar Rp 244 juta) untuk potongan studi S2 selama 2 tahun.

Program beasiswa tersebut dibuka untuk pelajar internasional yang akan masuk kuliah di tahun 2022.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Persyaratan

Persyaratan untuk mengikuti program beasiswa dari The University of Western Australia adalah sebagai berikut:

1. Calon siswa internasional (bukan warga negara Australia) yang akan memulai kuliah di bulan Februari atau Juli 2022.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan di University of Western Australia.

3. Nilai rapor dan ijazah SMA / IB / A Level untuk program S1, transkrip nilai dan ijazah S1 untuk program S2, serta paspor dan hasil tes resmi Bahasa Inggris terbaru.

Pendaftaran

Calon mahasiswa berkesempatan untuk konsultasi langsung dengan perwakilan The University of Western Australia di acara World Top 100 Australian Open Day yang diadakan dalam 2 hari dengan jadwal berikut:

  • Jumat 11 Februari (15.00 – 18.00 WIB) di Kantor JACK Study Abroad Ruko Financial Center BA 2 No 54 Gading Serpong, Tangerang
  • Sabtu 12 Februari (12.00 – 15.00 WIB) di Kantor JACK Study Abroad Ruko Plaza 5 Pondok Indah Blok C1 Jl. Margaguna Raya Jakarta Selatan

Baca juga: Beasiswa S1 di Singapura 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 69 Juta Per Tahun

Dalam acara ini, kamu tidak hanya mendapatkan informasi mengenai kuliah dan beasiswa di The University of Western Australia langsung dari perwakilannya, namun kamu juga bisa konsultasi mengenai persiapan kuliah seperti IELTS, tes Bahasa Inggris resmi yang harus diambil sebagai salah satu persyaratan kuliah keluar negeri.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Global University Expo 2022, informasi kuliah dan beasiswa dapat dilihat melalui situs Jack Study Abroad https://www.jackstudy.co.id/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com