Kompas.com - 12/12/2021, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi merilis jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN).

Tetapi, dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN yang digelar pada Mei 2022 nanti, ada tambahan tes tersendiri yakni Bahasa Inggris.

"Materi tes nya ada tambahan, ditambah bahasa Inggris. Sehingga, ada Tes Potensi Skolastik, Bahasa Inggris dan Tes Kompetensi Akademik, dan hanya bisa mengikuti satu kali saja. Hasil tes diberikan secara individu karena masih pandemi," ujar Ketua Pelaksana LTMPT Budi. P Widyobroto dalam Sosialisasi Daring Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022, Sabtu, (11/12/2021).

Baca juga: Jadwal, Syarat Peserta dan Materi Tes UTBK SBMPTN 2022

Hal ini berbeda dengan tahun 2021 yang hanya ada dua materi yakni TPS dan TKA saja. TPS di UTBK SBMPTN 2021, soal disajikan dalam Bahasa Inggris. Berbeda dengan tahun 2022 yang dipisah antara TPS dan Bahasa Inggris.

"Untuk pelaksanaan UTBK Gelombang 1 dimulai 17 sampai 23 Mei 2022. Lalu, Gelombang 2 pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022," tambahnya. 

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 masih sama dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Ada penerapan dua gelombang dengan dua sesi yakni pagi dan siang, per harinya kembali diterapkan dalam proses ujian. Rencana, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 akan digelar di 74 pusat UTBK PTN yang tersebar di Indonesia.

Materi UTBK SBMPTN 2022

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

2. Tes Bahasa Inggris

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.