Kompas.com - 22/10/2021, 08:26 WIB
Pintu gerbang masuk Universitas Jember.
SURYA.co.id/SRI WAHYUNIKPintu gerbang masuk Universitas Jember.
|

KOMPAS.com - Masuk ke kampus dan bisa kuliah di kelas tentu menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa. Apalagi bagi mahasiswa baru yang belum pernah masuk ke kampusnya karena pandemi Covid-19.

Seperti diungkapkan mahasiswi Universitas Jember (Unej) ini. Maratun Hasanah mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini akhirnya bisa kuliah luring di kampus.

Mahasiswi tersebut masuk Unej sejak 2020. Namun karena pandemi sehingga harus mengikuti kuliah daring. Tetapi, kini dia seang bisa kuliah di kampus dan bertemu dengan teman seangkatannya.

Baca juga: Mahasiswa IPB Racik Jamu Herbal untuk Ayam Broiler

Sejak kampus memberikan pengumuman akan membuka kuliah luring, dia langsung menyiapkan seluruh persyaratan yang telah disyaratkan. Termasuk mencari fasilitas kesehatan yang menggelar vaksinasi Covid-19.

"Alhamdulillah setelah melakukan isolasi mandiri di Jember saya bisa merasakan kuliah yang sesungguhnya bersama teman-teman walaupun masih terbatas," ujar Mara seperti dikutip dari laman resmi Unej, Jumat (22/10/2021).

Tentunya, dia merasakan suatu hal yang berbeda saat mengikuti perkuliahan tatap muka. Menurutnya, dalam kuliah tatap muka Mara lebih mudah dalam menerima dan memahami penjelasan dari dosen yang mengajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Interaksi antara dosen dan mahasiswa juga lebih mudah. Kalau kuliah online terkadang dosennya agak bingung mau menjelaskan secara detail," ungkapnya.

"Sehingga saya agak sulit untuk memahami materi yang disampaikan," imbuh Mara.

Mata mengatakan bahwa dirinya sempat khawatir akan tertular Covid-19 saat mengikuti perkuliahan tatap muka. Oleh karena itu dirinya bersama teman satu angkatan sepakat untuk tertib dalam mematuhi protokol kesehatan yang disaratkan.

"Jujur ada sedikit rasa khawatir tertular. Tetapi saya harus mengejar prestasi saya. Saya khawatir jika kuliah online terus-menerus prestasi saya jauh di bawah teman-teman yang lain karena kesulitan di dalam menerima dan memahami materi," jalas Mara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.