Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alffy Rev dan Novia Bachmid Lulusan SMK, Ini Kunci Sukses Mereka

Kompas.com - 13/09/2021, 15:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Alffy Rev? Namanya kembali mencuat berkat mahakarya luar biasa ketika berkolaborasi dengan Novia Bachmid.

"Wonderland Indonesia", sebuah musik video karya Awwalur Rizqi Al-Firori atau dikenal dengan Alffy Rev ini berhasil trending di dunia.

Ternyata, Alffy maupun Novia adalah lulusan SMK. Profesi apapun yang dijalani hingga berhasil itu berkat terus belajar, bergerak dan bekerja sesuai dengan passion.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Mengenal Matahari dalam Tata Surya

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Minggu (12/9/2021), keberhasilan seseorang juga didukung karakter yang baik menjadi pelajar Pancasila.

Adapun salah satu perwujudan dari upaya tersebut, yakni melalui Merdeka Belajar.

Dalam “Sapa Peserta Didik SMK” yang digelar Direktorat SMK secara virtual, Rabu (8/9/2021), Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto memberikan pernyataan.

Menurutnya, dengan populasi anak SMK yang semakin banyak, dengan semangat merdeka, dia mengajak pelajar SMK untuk berprofil pelajar Pancasila.

"Merdeka Belajar adalah memberikan kemerdekaan untuk belajar apa yang kalian sukai, apa yang menjadi passion kalian. Menjadi apa pun sesuai passion, visi, bakat, dan cita-cita kalian," jelasnya.

Dijelaskan, karakter profil pelajar Pancasila tersebut, di antaranya:

  • beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia
  • berkebhinekaan global
  • gotong-royong
  • mandiri
  • bernalar kritis, berpikir, dan berkreativitas.

Pada kesempatan tersebut juga dihadirkan lulusan SMK yang berprestasi dan kompeten di bidangnya, yakni Awwalur Rizqi Al-Firori yang merupakan alumni dari SMKN 9 Surabaya dan Novia Noval Bachmid, jebolan SMK Paramitha 1 Jakarta.

Baca juga: Sukses di Usia Muda, Ini Saran Nadiem untuk Siswa dan Mahasiswa

Awwalur Rizqi Al-Firori atau Alffy Rev yang menyukai dunia musik, hingga membuatnya mempelajari lebih dalam mengenai musik di SMKN 9 Surabaya.

"Di SMK saya sangat bangga karena itu eksklusif belajar kejuruan, dan sangat bermanfaat buat saya," ujarnya.

Sedangkan Novia Bachmid tercacat memiliki passion di bidang tarik suara hingga membuatnya terjun ke dunia entertaintment.

"Kalau Novia sendiri dari kecil suka menyanyi hingga akhirnya ikut Idola Cilik 2013. Karena bakat menyanyi dan pasti akan berkaitan sama entertaint, akhirnya Novia pasti butuh multimedia. Makanya, aku jadinya ingin belajar di multimedia yang ada di SMK," ucapnya.

Melalui "Wonderland Indonesia", kedua jebolan SMK tersebut berkolaborasi melahirkan sebuah mahakarya yang sangat luar biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com