Kompas.com - 13/09/2021, 12:29 WIB
Logo Unpad Dok. UnpadLogo Unpad
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) akan memulai kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada akhir Oktober mendatang.

Rencana ini sejalan dengan instruksi Kemendikbudristek mengenai pembukaan kampus secara bertahap di wilayah yang masuk PPKM level 1-3.

Baca juga: 6 Kampus Ini Berencana Adakan PTM Terbatas

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, untuk sementara, pembukaan PTM terbatas didahulukan untuk kegiatan laboratorium atau praktikum yang membutuhkan perolehan keterampilan yang tidak dapat diselenggarakan secara daring.

"Untuk kegiatan tatap muka di kelas, perkuliahan akan tetap dilakukan secara daring," ujar Arief melansir laman Unpad, Senin (13/9/2021).

Arief menegaskan, untuk dapat mengikuti kegiatan laboratorium atau praktikum dalam kampus, mahasiswa dipersyaratkan mendapatkan izin penuh dari orangtua.

Bagi mahasiswa yang tidak mendapat izin orangtua atau kesulitan transportasi menuju kampus, Unpad tetap memberikan fasilitas praktikum secara daring atau memberikan keringanan untuk menunda kegiatan di tahun depan tanpa dikenai sanksi dari sisi kredit atau masa studi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Syarat lain adalah mahasiswa harus sudah tuntas melakukan vaksinasi dan datanya tercatat pada aplikasi PeduliLindungi.

Hal ini diperlukan, karena ke depan untuk dapat masuk ke dalam kampus Unpad, mahasiswa wajib mengisi aplikasi AMARI dan melakukan check in melalui aplikasi PeduliLindungi.

Sementara itu untuk kesiapan sarana, bilang Arief, Unpad akan mengatur jumlah mahasiswa yang berada di laboratorium, serta memadatkan waktu pembelajaran.

Baca juga: Pesan Nadiem Makarim ke Siswa: Jangan Lengah saat PTM Terbatas

Dengan begitu mahasiswa tidak perlu ada di sekitar kampus Unpad sepanjang semester.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.