Kompas.com - 09/09/2021, 11:14 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, kita tengah berada pada dasawarsa ketiga abad ke-21. Pada masa ini, teknologi informasi (IT) berkembang begitu pesat.

Pada dasawarsa pertama, yaitu awal 2000-an, mungkin hanya ada segelintir orang yang menggunakan telepon genggam atau handphone. Sebab, kebanyakan masih menggunakan telepon rumah.

Namun, pada 2021, hampir setiap rumah sudah memiliki smartphone atau handphone pintar untuk mendukung aktivitas sehari-hari, mulai dari komunikasi, edukasi, layanan pesan antar, sampai membayar tagihan.

Hidup di era digital, membuat banyak pihak membutuhkan peran ahli IT untuk mengelola berbagai sistem informasi yang dibutuhkan masyarakat dan industri.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

Melansir Kompas.com, Senin (6/9/2021), jurusan IT masuk ke dalam daftar tujuh jurusan kuliah yang paling diminati pada 2021. Bahkan, dalam daftar itu, IT berada pada urutan kedua.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (9/9/2021), Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), memaparkan tiga alasan mengapa jurusan IT menjadi pilihan tepat dan paling diminati calon mahasiswa pada abad ke-21.

1. Lowongan pekerjaan terbuka luas

Ketika memilih jurusan IT, mahasiswa akan dibekali pengetahuan untuk mengimplementasi, melakukan konfigurasi, serta merawat berbagai infrastruktur yang berkaitan dengan komputer dan teknologi informasi.

Nah, saat ini, berbagai sektor industri membutuhkan ahli bidang IT untuk menjalankan usahanya.

Untuk itu, lowongan pekerjaan ahli bidang IT atau lulusan jurusan IT, hingga kini masih terbuka luas.

Baca juga: Jurusan Kuliah S1 UGM yang Terakreditasi Internasional

2. Gaji yang menggiurkan

Selain banyak pilihan lowongan pekerjaan, menjadi ahli IT juga menjanjikan secara finansial karena bisa mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.