Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2021, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Pertukaran mahasiswa lintas kampus, baik dalam dan luar negeri, bertujuan memperluas wawasan mahasiswa tentang Bhinneka Tunggal Ika dan bineka global sekaligus meningkatkan kompetensi agar mampu bersaing global.

Dalam semangat Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) mengirimkan 12 mahasiswa mengikuti Virtual Exchange Program To Asia University Taiwan.

Virtual Exchange Program To Asia University Taiwan merupakan program pertukaran mahasiswa dengan Asia University, Taiwan secara virtual selama satu semester.

Program ini bertujuan untuk memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk merasakan program pembelajaran di kampus lain, menyerap berbagai disiplin ilmu dan teknologi, serta sebagai ajang untuk pertukaran budaya.

Zulpahmi, Dekan FEB Uhamka berharap dengan adanya program ini, mahasiswa bisa memiliki pengalaman kuliah di kampus lain terutama luar negeri.

“Mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru soal ilmu pengetahuan dan dapat memperluas perspektif mereka baik dalam segi pengetahuan maupun softskill mereka,” ungkap Zulpahmi.

Baca juga: Nadiem: Program Kampus Merdeka Bantu Mahasiswa Kembangkan Potensi

Mempersiapkan kuliah dan bekerja global

Adapun kedua belas mahasiswa FEB Uhamka yang mengikuti Virtual Exchange Program To Asia University Taiwan, yakni:

  • Rama Wira P (S1 Akuntansi)
  • Elda Mardiana (S1 Akuntansi)
  • Nabiela Anggita (S1 Akuntansi)
  • Herlina (S1 Manajemen)
  • Alif Ikhlasul Amal (S1 Manajemen)
  • Melinda Wulan Sari (S1 Akuntansi)
  • Fifi Luthfiyyah ( S1 Ekonomi Islam)
  • Rachma Dwijayanti (S1 Ekonomi Islam)
  • Cholifah Azzahrah ( D3 Perpajakan)
  • Meti Regita (D3 Akuntansi)
  • Seni Destiana (S1 Manajemen)
  • Resti Sintya Sari (D3 Perpajakan)

Edi Setiawan, Wakil Dekan 3 FEB Uhamka, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan upaya pihaknya menambah wawasan mahasiswa terhadap dunia luar dan budaya negara lain. 

Program ini, tambah Edi,  juga sekaligus memperbaiki kemampuan bahasa asing dan memperluas kesempatan mahasiswa Uhamka untuk diterima kuliah atau bekerja di luar negeri nantinya.

“Saya selalu berpesan kepada mahasiswa agar terus belajar sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran secara daring ini. Kita doakan mereka banyak bertukar ilmu pengetahuan secara nyata,” pungkas Edi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+